Langkah pelaksanaan hasil dari
orangtua membangun pola fikir untuk memberikan pengetahuan kepada anak usia
dini sesuai tingkat perkembangan anak usia dini sehingga mampu menciptakan pembelajaran
secara kreatif di rumah dengan pendampingan dari Lembaga PAUD, yaitu dilakukan
oleh pendidik PAUD sehingga mampu melaksanakan penilaian kepada anak usia dini.
Dimana penerapan
rumah kreatif bagi anak usia dini berada?
Penerapan rumah kreatif bagi anak usia
dini diterapkannya pembelajaran dengan bermain untuk anak usia dini yang berada
didalam rumahnya dengan menggunakan media peralatan rumah, tanpa memasukkan
barang-barang dari luar rumah yang dilakukan oleh orangtua dengan pendampingan
dari guru PAUD.
Kapan penerapan
rumah kreatif dilakukan bagi anak usia dini?
Penerapan rumah kreatif bagi anak usia
dini dilakukan disaat orangtua bersama dengan anak usia dini, dengan batasan
waktu minimal 60 menit per hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan anak
diajak untuk bermain sesuai dengan area-area yang ada didalam rumah.
Bagaimana penerapan
rumah kreatif bagi anak usia dini?
Penerapan rumah kreatif bagi anak usia
dini tergantung dari pelaksanaan, penilaian dan pendampingan yang dilakukan
oleh pendidik PAUD. Ketika berada didalam rumah anak usia dini diajak untuk
mengenali permainan yang nantinya menarahkannya pada peningakatan kompetensi
anak sesuai dengan usianya. Kegiatan main yang dilakukan oleh orangtua bisa
bersumber dari kegiatan sehari-hari atau juga didapatkan dari pendidik PAUD
dalam rangka meneruskan pendidikan yang ada dilembaga PAUD.
Siapa yang
melaksanakan penerapan rumah kreatif bagi anak usia dini?
Penerapan rumah kreatif bagi anak usia
dini ini adalah orangtua yang tergerak untuk ingin meningkatkan perkembangan
anaknya sesuai batasan usia dengan tujuan meningkat perkembangan anaknya. Penerapanya
dilaksanakan orangtua bisa mendapatkan sosialisasi maupun dilakukan
pendampingan oleh pendidik PAUD.
Bagaimana
bentuk penilaian penerapan rumah kreatif bagi anak usia dini?
Penilaian dilakukan dengan sederhana oleh
orangtua dari anak usia dini dengan memperhatikan perkembangan anaknya sesuai
tingkat usia perkembangan.
Bagaimana
bentuk pendampingan implementasi rumah kreatif bagi anak usia dini?
Pendampingan yang bisa dilakukan oleh
pendidik PAUD kepada orangtua anak usia dini dengan melaksanakan sosialisasi,
atau pendampingan dengan alat komunikasi, atau pendampingan dengan orangtua
datang ke lembaga PAUD berkonsultasi, pendampingan dengan pendidik PAUD yang
datang ke rumah orangtua.
Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah-langkah pembelajaran :
a.
Persiapan
1)
Mengidentifikasi kemampuan anak, orangtua
melakukan pengamatan mengenai perkembangan anaknya yang masih rendah, bisa
didapatkan juga dari hasil pengamatan pendidik pada saat pembelajaran di PAUD.
2)
menentukan kemampuan anak yang akan
dicapai, memilih salah satu kemampuan anak yang masih rendah untuk diupayakan
dalam pembelajaran rumah kreatif.
3)
menentukan area, media/bahan yang akan
digunakan, orangtua memutuskan area yang digunakan sebagai tempat untuk
pembelajaran sehingga dapat menyesuaikan media/bahan untuk permainan bersama antara
orangtua dengan anak.
4)
menentukan strategi pembelajaran,
orangtua dapat menentukan cara bermain dengan anak yang efektif menggunakan
media/bahan yang sesuai.
b.
Pelaksanaan
Pembelajaran
1)
Pendahuluan
Pada tahap ini orangtua menyampaikan pada anak bahwa
kegiatan bermain akan dimulai, dan meminta anak untuk meninggalkan aktivitasnya
yang lain. Orangtua juga menyampaikan perihal yang akan diketahui anak dalam permainan.
2)
Kegiatan inti
Yaitu kegiatan bermain yang berlangsung di rumah
sesuai dengan rencana yang ditentukan oleh orangtua dan anak.
3)
Kegiatan penutup
Tahapan penutup merupakan tahapan pemberian motivasi pada anak.
Orangtua tidak perlu mengikuti langkah-langkah tersebut,
tetapi disesuaikan dengan kondisi, karena pembelajaran dengan cara bermain
sambil belajar dapat berlangsung secara spontan tanpa melalui persiapan atau
perencanaan. Dengan kata lain, penerapan rumah kreatif adalah menggunakan
prinsip bermain sambil belajar, sehingga setiap saat orangtua secaraspontan
dapat mengikuti aktivitas permainan anak. Misalnya ketika anak sedang bernyanyi,
atau sedang memainkan peralatan rumah, dan saat itulah orangtua dapat langsung
melaksanakan pembelajaran rumah kreatif.
Jadi, pelaksanaan pembelajaran rumah kreatif dapat dilakukan dengan
tahapan-tahapan tertentu, dan dapat juga dilakukan secara spontan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar