Kamis, 14 Juli 2016

DESAIN PENYELENGGARAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Penyusun : Faisal Riza H
DESAIN PENYELENGGARAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PENINGKATAN KEBIASAAN KEBERSIHAN DIRI ANAK USIA DINI
DI PAUD AMANDA PAPINDO







Kata Pengantar


Puji syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan kekuatan untuk menyusun desain penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar pendidikan anak usia dini. Mengambil tema peningkatan kebiasaan kebersihan diri anak usia dini di PAUD Amanda Papindo.
Anak usia dini yang terlayani di lembaga PAUD perlu menjadi contoh bagi anak lain yang ada disekitarnya dalam hal kebersihan diri anak. Mulai dari kebersihan dikehidupan sehari-hari dan terdekat dengan anak usia dini perlu distimulasi dan dibiasakan oleh pendidik.
Semoga dengan adanya desain penyelenggaraan ini mampu memberikan perubahan dalam meningkatkan pelayanan untuk anak usia dini di wilayah timur Indonesia.

Penulis

LATAR BELAKANG

Pendidikan anak usia dini memiliki peranan penting untuk membentuk pembiasaan anak sejak dini dalam melakukan berbagai kebaikan. Mengukir diatas baru merupakan istilah yang tepat jika sejak dini ditanamkan pendidikan yang nantinya membekas hingga dewasa. Peranan orangtua dan pendidik dalam membentuk anak berkarakter sehingga memahami pendidikan untuk menangkal perilaku jelek dimanapun anak melakukan aktivitas penting untuk dilakukan tersistematis.
Masyarakat di Papua telah mengalami berbagai macam perubahan gaya hidup semenjak adanya perluasan akses informasi dan komunikasi. Menjadi kendala ketika masyarakat belum memahami akan pentingnya pendidikan anak usia dini ketika kemajuan bangsa diukur dalam bentuk pendidikan yang didapatkan. Masih banyak anak usia dini yang belum mengerti pendidikan kebersihan diri yang dimulai dari keluarga membuat anak mudah sakit. Sebagai contoh masyarakat memiliki televisi, telah mengenal handphone tetapi ketika masyarakat mengabaikan kebersihan diri dengan mengabaikan informasi yang ada perlu pengenalan untuk pembiasaan kebersihan yang langsung mengarah pada praktik.
Kebiasaan untuk mandi ketika pagi hari ini terabaikan ketika sudah melihat televisi maupun memainkan handphone, terkadang di usia dini orangtua merasa acuh untuk kebersihan anaknya dan merasa tenang ketika anak diam dirumah dengan aktivitas menonton televisi maupun memainkan handphone. Maka disaat anak mengalami sakit orang tua baru menyadari akan pentingnya kebersihan diri anak.
Selain dirumah, disaat anak diantarkan maupun anak datang sendiri untuk ikut bermain bersama temannya di lembaga PAUD mereka tidak berganti baju yang dipakainya untuk tidur, bahkan ada juga yang belum mandi. Perkembangan anak usia dini dengan adanya Permendikbud No 137 Tahun 2014 untuk menjadi jaminan hak anak belum terlaksana. Dengan adanya peraturan mengenai standar pelaksanaan pendidikan anak usia dini maka keinginan pemerintah perkembangan potensi anak bisa terjamin untuk menghasilkan generasi yang pintar sehat, dan ceria. Tetapi jika kebersihan diri anak belum diterapkan maka perlu penanaman agar mulai dari anaknya mengenal haknya untuk mendapat kesehatan yang layak sehingga dalam meraih prestasi mudah tercapai.
Dengan adanya penanaman karakter sebagai anak usia dini yang mengenal kebersihan diri maka nantinya ketika sampai dirumah maupun masyarakat anak mampu meminta haknya untuk hidup bersih. Anak usia dini juga dimasyarakat mampu mengenali hidup bersih yang nantinya mengingatkan oranglain untuk melaksanakan kebersihan diri juga.

DASAR HUKUM

1.       Undang Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.       Undang-undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
3.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 39 Tahun 2013 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional pamong belajar dan angka kreditnya;
5.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 84 Tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini;
6.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar PAUD;
7.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD Permendikbud;

LANGKAH KEGIATAN

Kegiatan dilaksanakan dalam 3 langkah besar diantaranya sebagai berikut :
1.     Pengenalan ;
a.     Pengenalan kebersihan diri anak
b.     Pengenalan dampak jika mengabaikan kebersihan diri anak
2.     Pelaksanaan ;
a.     Permainan berkaitan dengan kebersihan diri anak
b.     Aktifitas yang dilaksanakan sesuai dengan kebersihan diri anak
3.     Evaluasi ;
a.     Diskusi pelaksanaan kebersihan diri anak di lembaga PAUD
b.     Diskusi pelaksanaan kebersihan diri anak di rumah

LOKASI

Lokasi pelaksanaan berada di PAUD AMANDA PAPUA INDONESIA Di Sentani Jayapura

WAKTU PENYELENGGARAAN

Penyelenggaraan selama tiga bulan yang dimulai dari bulan oktober hingga desember 2014. Penyelenggaraan sekaligus berjalan dengan kegiatan belajar mengajar.

PENYELENGGARA

Lembaga PAUD AMANDA PAPUA INDONESIA Di Sentani Jayapura

PENDIDIK

Pendidik yang ada di PAUD AMANDA PAPINDO diantaranya :
NO
NAMA
JABATAN
PENGAJAR
1
MARGARETA JT GASPERSZ, S. Pd
KEPALA LEMBAGA
KELAS PERSIAPAN
2
HANA MARIANA WALA, S.Pd
PENANGGUNG JAWAB KOBER
KELAS KOBER
3
Chiste Nancy Tasidjawa.ST
PENANGGUNG JAWAB TAMAN KANAK-KANAK
KELAS PERSIAPAN
4
FAISAL RIZA HASBULLAH, S.Pd I
PAMONG BELAJAR
KELAS KOBER
5
SRI WAHYUNI HATTA, S.Pd
PAMONG BELAJAR
KELAS PERSIAPAN
6
PENI SISWATI, S.Pd
PAMONG BELAJAR
KELAS KOBER
7
SITI NUR SHOLIHAH, S.Pd I
PAMONG BELAJAR
KELAS PERSIAPAN

PESERTA DIDIK

Peserta didik yang terlibat diantaranya anak usia dini dengan usia 3-4 tahun.




STRUKTUR MATERI

Langkah Kegiatan
Materi
Sub materi
Pengenalan

Pengenalan kebersihan diri anak

Pengenalan Mandi, Mencuci tangan, Membersihkan ingus, mencuci peralatan makan, dan toilet training
Pengenalan dampak jika mengabaikan kebersihan diri anak
Mengenalkan bagian yang boeh disentuh orang lain, dan yang tidak boleh disentuh oranglain
Mengenalkan akibat jika tidak melaksanakan kebersihan
Pelaksanaan

Permainan berkaitan dengan kebersihan diri anak
Bermain kebersihan diri anak usia dini
Aktifitas yang dilaksanakan sesuai dengan kebersihan diri anak
Menonton film mengenai kebersihan diri anak usia dini
Bernyanyi bertemakan kebersihan diri anak usia dini
Evaluasi

Diskusi pelaksanaan kebersihan diri anak di lembaga PAUD
Diskusi pelaksanaan kebersihan diri anak di rumah
Bercerita mengenai kebersihan anak usia dini
Mengungkapkan setelah melaksanakan kebersihan diri




Daftar Pustaka


Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Ayah Edy. 2012. Ayah Edy Menjawab : 100 Persoalan Sehari-hari Orangtua yang tidak ada jawabanya di kamus manapun. PT Mizan Publika : Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar