Oleh: Sri Wahyuni Hatta
Menjadi seorang pendidik PAUD memang bukan suatu profesi yang mudah, seseorang perlu memiliki pengetahuan dan dan ilmu dalam menjalankan profesi terebut. pendidik sejatinya tidak hanya mampu mengajar tetapi juga harus mampu mendidik, dua hal tersebut harus seiring sejalan. jika hanya mampu mengajar atau mentranfer ilmu maka selesailah tugasnya. padahal pendidik juga perlu memberikan motivasi kepada anak didik agar terjadi proses internalisasi nilai-nilai pada dirinya sehingga menimbulkan sikap dan perilaku yang baik.
mendidik juga merupakan upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak anak. jika mengajar itu adalah interaksi timbal balik antara guru dan anak didik dalam rangka mentranfer ilmu pengetahuan ,maka perubahan yang didapatkan anak hanya pada kemampuan kognitifnya saja, mendidik tidak sekedar mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga nilai -nilai, artinya pendidik juga menghantarkan anak didik pada aspek kognitif, psikomotorik, afektif agar anak tumbuh sebagai manusia yang berpribadi.
profesi pendidik PAUD telah banyak dilirik baik dari lulusan PG PAUD maupun disiplin ilmu lainnya. beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya bisa saja kerena senang dengan dunia anak atau juga sebagai pengisi kesibukan karena belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan gelarnya.ataupun karena pilihan terakhir yang menganggap bahwa pendidik PAUD adalah pekerjaan yang mudah. berangkat jam tujuh pagi pulang jam sepuluh, datang kesekolah hanya bermain menyanyi dan makan-makan. ini anggapan banyak orang, padahal sesunguhnya tidak demikian, profesi pendidik PAUD sangat kompleks mulai dari merencanakan pembelajaran, merancang kegiatan main, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian yang harus dilakukan mengikuti aturan yang tercantum dalam kurikulumnya.
Guru adalah pekerjaan yang mulia, terlebih lagi guru taman kanak-kanak membutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar tujuan pembelajaran yang telah di rancang dapat terwujud dengan baik.
Terdapat banyak langkah yang perlu diaplikasikan agar anak senang akan keberadaan gurunya dalam kelas. lantaran anak membutuhkan kenyamanan didalam kelas terlebih dengan gurunya. supaya menjadi guru PAUD yang disenangi anak-anak diperlukan kreativitas dan pembawaan mengajar yang disenangi anak.
berikut beberapa panduan menjadi guru yang disenangi anak dikelas:
1.sabar dan telaten
seorang guru dalam menghadapi anak didik memerlukan kesabaran, mengingat karakter anak dalam kelas berbeda-beda.setiap anak memerlukan penanganan yang berbeda sesuai dengan karakter anak.
2. menyayangi anak
seorang guru PAUD perlu memiliki rasa kasih sayang terhadap anak, meskipun kita mengajar anak orang lain tetapi setiap hari kita berinteraksi dengan mereka , maka sayangilah anak didik kita seperti anak kita sendiri. dengan begitu anak akan rakin kesekolah
3. mau mendengarkan celoteh anak
guru yang baik selalu mendengarkan celoteh anak apapun itu, baik pengalaman yang ia rsakan di rumah maupun di tempat lain. terkadang anak juga menceritakan barang baru yang ia miliki. guru cukup mengungkapkan pujian terhadap apa yang diceritakan anak. mereka merasa di perhatikan oleh guri
4. memberikan yang terbaik untuk anak
selalu memberikan yang terbaik bagi anak, maksudnya ketika anak menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan ,guru bertugas memberikan bantuan sehingga anak merasa kesulitan dan mau mengerjakan tugas sampai selesai
5. menciptakan situasi yang menyenangkan bagi anak
situasi yang aman dan menyenangkan bagi anak membuat mereka betah dalam belajar, oleh krena itu pembelajaran PAUD dilaksanakan sambil bermain, belajar seraya bermain. mereka banyak tahu ketika anak banyak distimulasi oleh kegiatan bermain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar