Pendahuluan
REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
Kebutuhan masyarakat di wilayah timur Indonesia menjadi penting untuk diklasifikasikan dalam beberapa kategori kebutuhan masyarakat. Dengan cara mengkasifikasikan kebutuhan masyarakat semakin mengerti akan pentingnya pendidikan. Pendidikan anak usia dini bukan hanya sekedar bermain dan menghabiskan waktu anak dimasa dini sehingga ketika usia masuk di sekolah dasar dipaksa untuk belajar. Anak usia dini penting dalam perhatian pemberian asupan pengetahuan,sehingga jangan sampai menyimpang dari masa perkembangannya. Arahan yang tepat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di tingkat berikutnya. Maka perlunya keterlibatan semua pihak dalam mensukseskan pendidikan anak usia dini di wilayah Ambon provinsi Maluku.
REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan : PAUD KUNTUM CERIA 2
Waktu pelaksanaan : SELASA, 05 APRIL 2016
No.
|
Masalah
|
Solusi
|
1.
|
Pembiayaan
|
|
Kurang
sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
|
- Peningkatan
daya kreatifitas pada tenaga pendidikan melalui diklat Sikap perilaku yaitu
attitude
- Spesifikasi
peralatan pembelaajran sesuai dengan jenis area alam pembelajaran anak
- Pengadaan
peralatan yang menunjang proses pembelajaran diharapkan sesuai dengan
kebutuhan dan merata
- Perlu
adanya penanaman pertanian/peternakan yang produktif yang bermanfaat pada
penyelenggaraan PAUD Alam
- Area
yang luas perlu adanya pengadaan peralatan yang memadahi dan tepat guna di
setiap area
|
|
Kurangnya
unsur pembiayaan
|
- Peran
serta masyarakat dalam pengelolaan sesuai dengan lingkungan yang ada misalnya
perlu siskampling
- Perlunya
peran serta pengawas dalam pemerataan bantuan dari pemerintah
- Perlu
campur tangan dari pihak dinas yang terkait
|
|
Kurangnya
pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
|
- Perlu
kerjasama dengan instansi terkait
- Pengadaan
bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum serta pelatihan pembuatan bahan
ajar yang kreatif
- Perlu
sarana untuk meningkatkan kreatifitas guru
- Perlu
adanya guru yang kreatif dan mahir dalam peralatan atau meinan yang ada dari
bahan bekas yang ada disekitar anak. Sebab di Ambon barang plastic yang susah
terurai sangat banyak jumlahnya
|
|
Kurangnya
jumlah guru yang mengajar di Lembaga
|
- Mengupayakan
guru honorer menjadi pegawai negeri
- Memanfaatkan
tenaga / lulusan yang terdidik dilingkungan PAUD
- Kerjasama
dengan organisasi terkait IGTK HIMPAUDI
- Memberikan
peluang pendidikan lanjut bagi guru (beasiswa) untuk studi S1 PAUD
|
|
Di satu
lembaga PAUD sering kali meminta adanya kepala TK tetapi dengan mudahnya
dipecat, dan mengancam mencari adanya Tenaga Pendidik tanpa prosedur yang
sesuai.
|
- Juknis
pengadaan kepala PAUD sesuai dengan prosedur
-
|
|
2
|
Kurikulum
|
|
Belum
terdokumentasikan kurikulum paud 2013
|
- Peningkatan
kreatifitas guru dalam menerapkan kurikulum 2013
- Perlu
pendampingan dari BPKB tentang pengawasan PAUD dan Instansi Terkait
|
|
Kurang
pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
|
- Tingkatkan
sosialisasi kurikulum 2013 PAUD.
- Adanya
pengawas PAUD yang ada di wilayah kota Ambon sehingga ketika mendapatkan
pelatihan dapat diawasi pelaksanaannya.
- Perlu
pembentukan tim sosialisasi kurikulum 2013 PAUD di kota Ambon terutama PAUD
Alam yang terdiri dari unsur BPKB tenaga guru terkait Kurikulum 2013 untuk
pendampingan serta pengajaran Kurikulum
- Pengadaan
buku panduan kurikulum 2013 PAUD serta pemerataannya kepada lembaga.
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
|
- Pemantauan
dari dinas terkait
- Perlu
pengarahan / tim pengawasan petugas kepada lembaga paud Alam agar sesuai
juknis
- Setiap
guru kelas diberikan buku panduan tentang penyusunan program mingguan
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran harian
|
- Perlu
pengarahan / tim penyusun program pembelajaran di lembaga PAUD alam sesuai
teknis pengembangan PAUD alam
|
|
3
|
Proses pembelajaran
|
|
Kurangnya
pemahaman guru menganai model pembelajaran
|
- Pelatihan
kepribadian untuk meningkatkan kemampuan tanggung jawab dan kreatifitas
tenaga pendidik
- Pendidikan
dan pelatihan kepada guru agar sesuai dengan standar pendidik dan tenaga kependidikan
perlu diadakan sesuai dengan sekolah pendidikan keguruan(SPG)
- Pelatihan
kepada guru kelas tentang model-model pembelajaran PAUD
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
|
- Perlu
pelatihan kepada guru serta ada pengawas kepada lembaga
- Pelatihan
pendekatan pembelajaran
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
|
- Perlu
pengadaan untuk tenaga pengawas agar tersistematis pelatihan kepada guru atau
tenaga kependidikan
- Perlu
lebih spesifik mengenai penilaian proses pembelajaran
|
REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan : SKB KOTA AMBON
Waktu pelaksanaan : RABU, 06 APRIL 2016
No.
|
Masalah
|
Solusi
|
1.
|
Pembiayaan
|
|
Kurang
sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
|
- Pendidik
dan tenaga pendidikan masih memerlukan pemahaman yang tepat akan bahan ajar
agar bisa digunakan.
- Peningkatan
kreatifitas guru dalam pengelolaan area-area yang ada di PAUD
- Kondisi
tempat yang kurang memadahi perlu penataan area yang juga berpengaruh pada
penataan peralatan yang sesuai
- Dibutuhkan
magang di PAUD lain untuk mengetahui kesesuaian dengan area
|
|
Kurangnya
unsur pembiayaan
|
- Perlunya
pertemuan dalam mengakomodir orangtua agar berpartisipasi dalam
penyelenggaraan Paud
- Orangtua
perlu berpenran dalam pemenuhan kebutuhan area meski dengan bahan bekas yang
mudah ditemui
- Perlu
adanya kerjasama dengan pihak ketiga sehingga guru tidak disibukkan dengan
biaya
- Dibutuhkan
peranan orangtua dalam pembiayaan yang selama ini digratiskan
|
|
Kurangnya
pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
|
- Pengembangan
yang mengarah pada implementasi kurikulum 2013 PAUD untuk meningkatkan
kesesuaian bahan ajar sesuai area
- Pengadaan
bahan ajar yang menjadi kebutuhan sesuai dengan program belajar anak, sehingga
terus menerus dipakai tidak perlu membeli yang terpenting pendidik mampu
membuat dan menggunakan dalam pencapaian tujuan pembelajaran
|
|
Kurangnya
jumlah guru yang mengajar di Lembaga
|
- Memerlukan
beasiswa dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan sarjana 1
- Perlu
adanya alternatife guru yang ingin sesuai dengan kualifikasi pendidikan
|
|
2
|
Kurikulum
|
|
Belum
terdokumentasikan kurikulum paud 2013
|
- Dengan
adanya HIMPAUDI dan IGTKI untuk mengakomodir pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD
agar pengimplementasian merata
|
|
Kurang
pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
|
- Sosialisasi
pelatihan buat pengelola PAUD
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
|
-
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran harian
|
-
|
|
Belum
pahamnya guru tentang cara penilaian bagi anak secara baik
|
- Perlu
pelatihan untuk memahami cara penilaian yang baik
|
|
Masih
adanya gap mengenai PAUD dan TK yang ada dilingkungan Kota Ambon
|
- Pendekatan
yang mampu meningkatkan kebersamaan diperhimpunan yang menjadi wadah kedua
unsure lembaga untuk mendapatkan mutu perluasan PAUD
|
|
3
|
Proses pembelajaran
|
|
Kurangnya
pemahaman guru menganai model pembelajaran
|
- Cara-cara
spesifik dalam mengajar dalam meningkatkan perhatian siswa
- Pengenalan
model-model pembelajaran bagi guru PAUD untuk meningkatkan kreatifitas
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
|
- Sering
diadakan sharing pemahaman pengelola kepada tutor
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
|
-
|
|
Masih
kurangnya pemahaman guru mengenai psikologi anak
|
- Pengembangan
untuk guru yang menarik dan kreatif
|
|
Kurangnya
pemahaman guru terhadap cara bermain anak, sehingga anak kurang memiliki
semangat
|
- Teknik
pendekatan dengan anak yang menarik dan bervariatif
|
REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan : TK TALENTA
Waktu pelaksanaan : KAMIS, 07 APRIL 2016
No.
|
Masalah
|
Solusi
|
1.
|
Pembiayaan
|
|
Kurang
sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
|
- Dibutuhkan
pelatihan yang menunjang pengadaan peralatan sesuai dengan tema pembelajaran
- Peralatan
tidak hanya pabrikan perlu disesuaikan dengan potensi yang ada didaerah
- Bisa
menambahkan peralatan sesuai dengan area yang digunakan dengan barang bekas
|
|
Kurangnya
unsur pembiayaan
|
- Pembiayaan
diberikan dari instansi terkait
- Masih
adanya kesulitan bantuan karena dapodik yang belum singkron
- Adanya
kurang lengkap data untuk mendapatkan NPSN sebagai syarat dipercayanya
penerima bantuan
|
|
Kurangnya
pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
|
- Perlu
pelatihan untuk menggunakan bahan ajar sesuai dengan lingkungan main anak
- Area
yang ada diberikan bahan ajar yang mampu meningkatkan kreatifitas guru dalam
mengajar
|
|
Kurangnya
jumlah guru yang mengajar di Lembaga
|
- Terkait
masih banyaknya guru yang berkualifikasi SMA mengajar, sedangkan dapodik
mengharapkan adanya kualifikasi S1 dengan adanya beasiswa
|
|
2
|
Kurikulum
|
|
Belum terdokumentasikan
kurikulum 2013 PAUD
|
- Masih
banyak peserta pelatihan Kurikulum 2013 PAUD yang belum menyebarluaskan
materi yang didapatkan, kendala komunikasi perlu digiatkan oleh dinas
pendidikan untuk mengadakan kegiatan pelatihan
|
|
Kurang
pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
|
- Diberikan
buku yang memuat materi Kurikulum 2013 PAUD
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
|
- Perlu
adanya pembimbingan untuk membuat program pembelajaran mingguan
|
|
Belum
terdokumentasikan program pembelajaran harian
|
- Perlu
adanya pembimbingan untuk membuat program pembelajaran harian
|
|
3
|
Proses pembelajaran
|
|
Kurangnya
pemahaman guru menganai model pembelajaran
|
- Perlunya
pelatihan untuk guru dalam memahami model pembelajaran untuk anak usia dini
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
|
- Perlu
pengadaan buku mengenai pendekatan pembelajaran untuk anak usia dini
- Workshop
mengenai peningkatan kapasitas guru PAUD dalam pembelajaran
|
|
Kurangnya
pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
|
- Perlunya
pelatihan penilaian proses pembelajaran untuk guru PAUD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar