Senin, 25 April 2016

Rekap Hasil FGD Studi Pendahuluan

Pendahuluan



Kebutuhan masyarakat di wilayah timur Indonesia menjadi penting untuk diklasifikasikan dalam beberapa kategori kebutuhan masyarakat. Dengan cara mengkasifikasikan kebutuhan masyarakat semakin mengerti akan pentingnya pendidikan. Pendidikan anak usia dini bukan hanya sekedar bermain dan menghabiskan waktu anak dimasa dini sehingga ketika usia masuk di sekolah dasar dipaksa untuk belajar. Anak usia dini penting dalam perhatian pemberian asupan pengetahuan,sehingga jangan sampai menyimpang dari masa perkembangannya. Arahan yang tepat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di tingkat berikutnya. Maka perlunya keterlibatan semua pihak dalam mensukseskan pendidikan anak usia dini di wilayah Ambon provinsi Maluku.

REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan        : PAUD KUNTUM CERIA 2
Waktu pelaksanaan           : SELASA, 05 APRIL 2016

No.
Masalah
Solusi
1.
Pembiayaan

Kurang sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
-       Peningkatan daya kreatifitas pada tenaga pendidikan melalui diklat Sikap perilaku yaitu attitude
-       Spesifikasi peralatan pembelaajran sesuai dengan jenis area alam pembelajaran anak
-       Pengadaan peralatan yang menunjang proses pembelajaran diharapkan sesuai dengan kebutuhan dan merata
-       Perlu adanya penanaman pertanian/peternakan yang produktif yang bermanfaat pada penyelenggaraan PAUD Alam
-       Area yang luas perlu adanya pengadaan peralatan yang memadahi dan tepat guna di setiap area

Kurangnya unsur pembiayaan
-       Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sesuai dengan lingkungan yang ada misalnya perlu siskampling
-       Perlunya peran serta pengawas dalam pemerataan bantuan dari pemerintah
-       Perlu campur tangan dari pihak dinas yang terkait

Kurangnya pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
-       Perlu kerjasama dengan instansi terkait
-       Pengadaan bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum serta pelatihan pembuatan bahan ajar yang kreatif
-       Perlu sarana untuk meningkatkan kreatifitas guru
-       Perlu adanya guru yang kreatif dan mahir dalam peralatan atau meinan yang ada dari bahan bekas yang ada disekitar anak. Sebab di Ambon barang plastic yang susah terurai sangat banyak jumlahnya

Kurangnya jumlah guru yang mengajar di Lembaga
-       Mengupayakan guru honorer menjadi pegawai negeri
-       Memanfaatkan tenaga / lulusan yang terdidik dilingkungan PAUD
-       Kerjasama dengan organisasi terkait IGTK HIMPAUDI
-       Memberikan peluang pendidikan lanjut bagi guru (beasiswa) untuk studi S1 PAUD

Di satu lembaga PAUD sering kali meminta adanya kepala TK tetapi dengan mudahnya dipecat, dan mengancam mencari adanya Tenaga Pendidik tanpa prosedur yang sesuai.
-       Juknis pengadaan kepala PAUD sesuai dengan prosedur
-        
2
Kurikulum

Belum terdokumentasikan kurikulum paud 2013
-       Peningkatan kreatifitas guru dalam menerapkan kurikulum 2013
-       Perlu pendampingan dari BPKB tentang pengawasan PAUD dan Instansi Terkait

Kurang pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
-       Tingkatkan sosialisasi kurikulum 2013 PAUD.
-       Adanya pengawas PAUD yang ada di wilayah kota Ambon sehingga ketika mendapatkan pelatihan dapat diawasi pelaksanaannya.
-       Perlu pembentukan tim sosialisasi kurikulum 2013 PAUD di kota Ambon terutama PAUD Alam yang terdiri dari unsur BPKB tenaga guru terkait Kurikulum 2013 untuk pendampingan serta  pengajaran Kurikulum
-       Pengadaan buku panduan kurikulum 2013 PAUD serta pemerataannya kepada lembaga.

Belum terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
-       Pemantauan dari dinas terkait
-       Perlu pengarahan / tim pengawasan petugas kepada lembaga paud Alam agar sesuai juknis
-       Setiap guru kelas diberikan buku panduan tentang penyusunan program mingguan

Belum terdokumentasikan program pembelajaran harian
-       Perlu pengarahan / tim penyusun program pembelajaran di lembaga PAUD alam sesuai teknis pengembangan PAUD alam
3
Proses pembelajaran

Kurangnya pemahaman guru menganai model pembelajaran
-       Pelatihan kepribadian untuk meningkatkan kemampuan tanggung jawab dan kreatifitas tenaga pendidik
-       Pendidikan dan pelatihan kepada guru agar sesuai dengan standar pendidik dan tenaga kependidikan perlu diadakan sesuai dengan sekolah pendidikan keguruan(SPG)
-       Pelatihan kepada guru kelas tentang model-model pembelajaran PAUD

Kurangnya pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
-       Perlu pelatihan kepada guru serta ada pengawas kepada lembaga
-       Pelatihan pendekatan pembelajaran

Kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
-       Perlu pengadaan untuk tenaga pengawas agar tersistematis pelatihan kepada guru atau tenaga kependidikan
-       Perlu lebih spesifik mengenai penilaian proses pembelajaran




REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan        : SKB KOTA AMBON
Waktu pelaksanaan           : RABU, 06 APRIL 2016

No.
Masalah
Solusi
1.
Pembiayaan

Kurang sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
-       Pendidik dan tenaga pendidikan masih memerlukan pemahaman yang tepat akan bahan ajar agar bisa digunakan.
-       Peningkatan kreatifitas guru dalam pengelolaan area-area yang ada di PAUD
-       Kondisi tempat yang kurang memadahi perlu penataan area yang juga berpengaruh pada penataan peralatan yang sesuai
-       Dibutuhkan magang di PAUD lain untuk mengetahui kesesuaian dengan area

Kurangnya unsur pembiayaan
-       Perlunya pertemuan dalam mengakomodir orangtua agar berpartisipasi dalam penyelenggaraan Paud
-       Orangtua perlu berpenran dalam pemenuhan kebutuhan area meski dengan bahan bekas yang mudah ditemui
-       Perlu adanya kerjasama dengan pihak ketiga sehingga guru tidak disibukkan dengan biaya
-       Dibutuhkan peranan orangtua dalam pembiayaan yang selama ini digratiskan

Kurangnya pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
-       Pengembangan yang mengarah pada implementasi kurikulum 2013 PAUD untuk meningkatkan kesesuaian bahan ajar sesuai area
-       Pengadaan bahan ajar yang menjadi kebutuhan sesuai dengan program belajar anak, sehingga terus menerus dipakai tidak perlu membeli yang terpenting pendidik mampu membuat dan menggunakan dalam pencapaian tujuan pembelajaran

Kurangnya jumlah guru yang mengajar di Lembaga
-       Memerlukan beasiswa dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan sarjana 1
-       Perlu adanya alternatife guru yang ingin sesuai dengan kualifikasi pendidikan
2
Kurikulum

Belum terdokumentasikan kurikulum paud 2013
-       Dengan adanya HIMPAUDI dan IGTKI untuk mengakomodir pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD agar pengimplementasian merata

Kurang pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
-       Sosialisasi pelatihan buat pengelola PAUD

Belum terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
-        

Belum terdokumentasikan program pembelajaran harian
-        

Belum pahamnya guru tentang cara penilaian bagi anak secara baik
-       Perlu pelatihan untuk memahami cara penilaian yang baik

Masih adanya gap mengenai PAUD dan TK yang ada dilingkungan Kota Ambon
-       Pendekatan yang mampu meningkatkan kebersamaan diperhimpunan yang menjadi wadah kedua unsure lembaga untuk mendapatkan mutu perluasan PAUD
3
Proses pembelajaran

Kurangnya pemahaman guru menganai model pembelajaran
-       Cara-cara spesifik dalam mengajar dalam meningkatkan perhatian siswa
-       Pengenalan model-model pembelajaran bagi guru PAUD untuk meningkatkan kreatifitas

Kurangnya pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
-       Sering diadakan sharing pemahaman pengelola kepada tutor

Kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
-        

Masih kurangnya pemahaman guru mengenai psikologi anak
-       Pengembangan untuk guru yang menarik dan kreatif

Kurangnya pemahaman guru terhadap cara bermain anak, sehingga anak kurang memiliki semangat
-       Teknik pendekatan dengan anak yang menarik dan bervariatif




REKAP HASIL PELAKSANAAN FGD
PROGRAM PENGEMBANGAN PAUD
TAHUN 2016
Tempat pelaksanaan        : TK TALENTA
Waktu pelaksanaan           : KAMIS, 07 APRIL 2016

No.
Masalah
Solusi
1.
Pembiayaan

Kurang sesuainya pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada setiap area
-       Dibutuhkan pelatihan yang menunjang pengadaan peralatan sesuai dengan tema pembelajaran
-       Peralatan tidak hanya pabrikan perlu disesuaikan dengan potensi yang ada didaerah
-       Bisa menambahkan peralatan sesuai dengan area yang digunakan dengan barang bekas

Kurangnya unsur pembiayaan
-       Pembiayaan diberikan dari instansi terkait
-       Masih adanya kesulitan bantuan karena dapodik yang belum singkron
-       Adanya kurang lengkap data untuk mendapatkan NPSN sebagai syarat dipercayanya penerima bantuan

Kurangnya pengadaaan bahan ajar yang disesuaikan dengan area
-       Perlu pelatihan untuk menggunakan bahan ajar sesuai dengan lingkungan main anak
-       Area yang ada diberikan bahan ajar yang mampu meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar

Kurangnya jumlah guru yang mengajar di Lembaga
-       Terkait masih banyaknya guru yang berkualifikasi SMA mengajar, sedangkan dapodik mengharapkan adanya kualifikasi S1 dengan adanya beasiswa
2
Kurikulum

Belum terdokumentasikan kurikulum  2013 PAUD
-       Masih banyak peserta pelatihan Kurikulum 2013 PAUD yang belum menyebarluaskan materi yang didapatkan, kendala komunikasi perlu digiatkan oleh dinas pendidikan untuk mengadakan kegiatan pelatihan

Kurang pahamnya guru mengenai kurikulum paud 2013
-       Diberikan buku yang memuat materi Kurikulum 2013 PAUD

Belum terdokumentasikan program pembelajaran mingguan
-       Perlu adanya pembimbingan untuk membuat program pembelajaran mingguan

Belum terdokumentasikan program pembelajaran harian
-       Perlu adanya pembimbingan untuk membuat program pembelajaran harian
3
Proses pembelajaran

Kurangnya pemahaman guru menganai model pembelajaran
-       Perlunya pelatihan untuk guru dalam memahami model pembelajaran untuk anak usia dini

Kurangnya pemahaman guru mengenai pendekatan pembelajaran
-       Perlu pengadaan buku mengenai pendekatan pembelajaran untuk anak usia dini
-       Workshop mengenai peningkatan kapasitas guru PAUD dalam pembelajaran

Kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian proses pembelajaran
-       Perlunya pelatihan penilaian proses pembelajaran untuk guru PAUD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar