Pendidikan untuk anak usia dini dipengaruhi oleh ekosistem yang ada didekatnya. Ekosistem yang terbentuk, tidak dapat dipastikan akan menghasilkan dampak yang positif bagi anak usia dini. Sehingga perlu ditingkatkan kualitas masyarakat dan orangtua yang menjadi faktor penentu pembentukan karakter kepada anak usia dini. Dari lingkungan anak usia dini diharapkan terjalin hubungan yang meningkatkan ranah perkembanganya sesuai dengan usia perkembangannya.
Perhatian orangtua mengenai tumbuh kembang kepada anak usia dini masih kurang. Tingkat kedekatan orangtua dengan anak usia dini di rumah sejalan dengan di lembaga PAUD perlu ditingkatkan. Perkembangan anak usia dini terkait ranah pengembangan bisa terbantu dengan kesadaran orangtua akan stimulus yang perlu diberikan. Proses interaksi orangtua kepada anak usia dini perlu dirancang agar mampu terkendali tumbuh kembangnya.
Pengaturan isi gentong ajaib bisa dilakukan perminggu, maupun sesuai moment.
Kegiatan orangtua dengan anak usia dini bisa bermacam-macam. Keberagaman kegiatan yang mungkin muncul pada diri anak perlu dipilih yang sesuai dengan perkembangan dan kegiatan yang terdekat. Kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya:
1. Pembiasaan yang baik
2. Kemandirian
Gentong Ajaib
Latar belakang :
1.
Masih banyak orangtua
yang kurang mengerti tumbuh kembang anak usia dini
2.
Orangtua yang
sibuk dengan pekerjaan baik di ladang maupun perkantoran membuat renggang
komunikasi antara anak dengan orangtua.
3.
Kedisiplinan
anak untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari masih labil, sehingga anak merasa
bosan melakukan hal baik perlu adanya dorongan untuk memfasilitasi anak dalam
melakukan kebiasaan baik.
4.
Pendidikan
pertama dan utama terjadi di keluarga bukan di lembaga PAUD maka perlu
dikembalikan usaha pembelajaran untuk anak usia dini antara kedua lembaga agar
bisa singkron.
Tujuan :
a.
untuk
mempererat kedekatan anak dengan orangtua
b.
untuk
memperkenalkan anak usia dini kedisiplinan
Hasil yang diharapkan :
Mampu mendekatkan kebutuhan
anak mengenai kasih sayang perhatian orangtua, membuat orangtua memahami tumbuh
kembang anak usia dini.
Mampu memperkenalkan anak
usia dini kedisiplinan secara sederhana, dengan pendekatan kegiatan terdekat
dengan kondisi anak.
Tempat:
Keberadaan ujicoba
diantaranya untuk usia 5-6 tahun dengan harapan anak usia dini memiliki
kedekatan dengan orangtua baik kepada ibu dan bapaknya.
Skema alur:
Isi Gentong Ajaib
merupakan kartu kedisiplinan dan beberapa kejutan yang disiapkan orangtua.
Bentuk kegiatan bisa bermain bersama orangtua dengan anak usia dini, bisa dengan
bercerita/ mendongeng, tebak benda dan membuat suatu kerajinan tangan.
Bermain bersama
|
Bercerita/ mendongeng
|
Tebak benda
|
Kerajinan tangan
|
Mingguan:
|
Mingguan:
|
Mingguan:
|
Mingguan:
|
Melipat Selimut,
Menggosok gigi,
Toilet training,
Mandi sendiri, mempersiapkan kebutuhan
sendiri, menjaga barang milik sendiri
|
Dongeng daerah
Terjadinya danau sentani,
Dongeng fiksi
Cinderela,
Buaya dan kancil
|
Puzzle kertas
|
Membuat anyaman, menghias vas
|
Moment:
|
Moment:
|
Moment:
|
Moment:
|
Ulang tahun, berjalan-jalan tamasya atau
kerumah nenek
|
Tujuh belas agustus
|
Ketika ada anak merusakkan benda bisa
diperbaiki bersama
|
Pengaturan isi gentong ajaib bisa dilakukan perminggu, maupun sesuai moment.
Kegiatan orangtua dengan anak usia dini bisa bermacam-macam. Keberagaman kegiatan yang mungkin muncul pada diri anak perlu dipilih yang sesuai dengan perkembangan dan kegiatan yang terdekat. Kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya:
1. Pembiasaan yang baik
2. Kemandirian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar