DAFTAR ISI
COVER........................................................................................................
i
DAFTAR ISI.................................................................................................
ii
BAB I
PENDAHULUAN..........................................................................................
1
A.
LATAR BELAKANG..............................................................................
1
B.
DASAR HUKUM.................................................................................
C.
TUJUAN............................................................................................
5
D.
PENGERTIAN.....................................................................................
7
E.
HASIL YANG DIHARAPKAN.................................................................
8
F.
SASARAN..........................................................................................
8
BAB II
PROSEDUR
PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD...........................................................
9
A.
LAB SITE PENERAPAN PROGRAM PAUD............................................. 9
B.
LAB SITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM................................. 12
C.
ALUR PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD......................................... 15
D.
INDIKATOR KEBERHASILAN................................................................
17
E.
PEMBIAYAAN LAB SITE PAUD PENERAPAN PROGRAM ....................... 18
F.
PEMBIAYAAN LAB SITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM........... 22
BAB III
STRATEGI PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD............................................
23
A.
PERSIAPAN........................................................................................
23
B.
PELAKSANAAN..................................................................................
24
1.
Orientasi
penyelenggaraan labsite................................................
24
2.
Penyelenggaraan
labsite..............................................................
24
3.
FGD
Penyelenggaraan Labsite......................................................
26
Bab IV
PENUTUP....................................................................................................
27
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan anak usia dini (PAUD) salah satu usaha
dalam menyiapkan generasi emas Indonesia yakni penerus bangsa yang
siap bersaing dalam kualitas dan kreativitas
sekaligus diharapkan
mampu menjadi pioneer dalam membangun bangsa Indonesia.
Hal tersebut menjadi bagian
tugas Balai Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (BP-PAUDNI)
Regional VI dalam melakukan pengembangan program salah
satu kajiannya di bidang PAUD. Pengkajian dan pengembangan program PAUD
sangatlah memerlukan Labsite. Pada Labsite PAUD tahun 2015 ini akan dibagi atas
dua bagian, yang pertama Labsite penerapan program dan yang kedua Labsite
ujicoba pengembangan program.
Labsite penerapan program (ada 2 Labsite)
merupakan tempat yang digunakan untuk menerapkan program PAUD yang telah
dikembangkan tahun 2014 (Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD dan
Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir, Labsite PAUD masing-masingnya akan
menerapkan 1 program berdasarkan karakteristik program yang dikembangkan dengan
lembaga PAUD bersangkutan), bertujuan untuk memperoleh kelayakan terhadap
naskah program beserta perangkatnya (jika ada perangkatnya). Sedangkan Labsite
ujicoba pengembangan program (ada 2 Labsite) merupakan tempat yang digunakan
untuk melaksanakan pengembangan program tahun 2015 dengan arah pengembangan
programnya yakni Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua dan Program PAUD
Alam, bertujuan untuk memperoleh hasil yang signifikan terhadap naskah program
beserta perangkatnya (jika ada perangkatnya).
Penetapan Labsite akan berdasarkan kriteria
khusus akan diuraikan pada bagian selanjutnya, sementara kriteria umumnya yakni
Labsite merupakan lembaga PAUD yang memiliki gedung yang representatif dan
memiliki ijin operasional dari dinas pendidikan setempat serta proses
pembelajarannya terus menerus sesuai jadwalnya.
Tahun 2015 ini, Labsite PAUD akan tersebar di
wilayah regional VI masing-masing berjumlah 1 Labsite PAUD yakni Provinsi
Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku, dan Provinsi Maluku Utara.
Penetapan lokasi Labsite Penerapan Program dan Labsite Ujicoba Pengembangan
Program, akan ditetapkan berdasarkan hasil FGD bersama Kepala UPTD
(SKB/BPKB/BP-PLSP) saat kegiatan Temu Koordinasi Regional VI, akan dikaji dengan
kriteria umum dan kriteria khusus lembaga Labsite yang telah ditetapkan oleh
BP-PAUDNI Regional VI.
Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan yang akan
dilaksanakan oleh Labsite PAUD, maka penyelenggaraan Labsite dilakukan dengan
tiga tahapan, antara lain : (1) Orientasi Penyelenggaraan Labsite; (2)
Penyelenggaraan Labsite; dan (3) FGD Penyelenggaraan Labsite.
B.
DASAR HUKUM
1.
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan;
4.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Nonformal;
5.
Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia
Nomor 15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka
Kreditnya;
6.
Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012
tentang Organisasi dan Tata Kerja BP-PAUDNI;
7.
Daftar
Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) BP-PAUDNI Regional VI Tahun 2015. Nomor : 023.05.2.670515/2015
Tanggal 14 November 2014
C.
TUJUAN
1. Tujuan Penyusunan Desain
Labsite PAUD
Untuk
memberikan acuan bagi BP-PAUDNI Regional VI dalam menyelenggarakan Labsite PAUD
tahun 2015.
2. Tujuan Penyelenggaraan Labsite PAUD
a. Untuk memfasilitasi tim pengembang PAUD melaksanakan penerapan program PAUD yang
dikembangkan tahun 2014 (Program Manajemen Parenting dan Program Media
Pembelajaran PAUD Pesisir), agar semakin memperoleh kelayakan dan kebermutuan
program yang telah dikembangkan sehingga dapat direplikasikan oleh lembaga PAUD
dan atau pihak yang berkepentingan.
b. Untuk
memfasilitasi tim pengembang PAUD melaksanakan ujicoba pengembangan program
tahun 2015, agar memperoleh hasil yang siginifikan sehingga dapat didesiminasi
atau ditindaklanjuti pengembangannya.
D.
PENGERTIAN
1.
Orientasi
Penyelenggaraan Labsite PAUD adalah suatu kegiatan penjelasan
teknis dari tim pengembang program PAUD kepada calon pengelola Labsite.
Orientasi dimaksudkan agar calon pengelola memiliki pengetahuan dan
keterampilan menyelenggarakan Labsite tersebut.
2.
Penyelenggaraan
Labsite PAUD adalah suatu
aktivitas penerapan program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014 (Labsite Penerapan Program PAUD)
atau melakukan ujicoba pengembangan program PAUD yang sedang dikembangkan tahun
2015 (Labsite Ujicoba Pengembangan Program PAUD).
3.
FGD
penyelenggaraan Labsite adalah sebagai wadah untuk melakukan diskusi terarah hasil penerapan program PAUD tahun 2014 atau
hasil ujicoba pengembangan programtahun 2015.
Dilakukan oleh Labsite
bersangkutan dengan mengundang pihak terkait.
E.
HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Adanya dua
lembaga Labsite PAUD penerapan program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014.
2. Adanya dua
lembaga Labsite PAUD ujicoba pengembangan program PAUD yang akan dikembangkan
tahun 2015.
F.
SASARAN
Sasaran penyelenggaraan Labsite PAUD adalah
SKB/BPKB/BP-PLSP/Lembaga PAUD berdasarkan kriteria lokasi dan kriteria
pengembangan program.
BAB II
PROSEDUR
PENYELENGGARAAN LABSITE
PAUD
A. LABSITE
PENERAPAN PROGRAM PAUD
1. Umum
Program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014,
akan diterapkan pada Labsite PAUD di dua Provinsi, yakni Provinsi Papua Barat
dan Provinsi Maluku Utara. Sementara program PAUD yang telah dikembangkan tahun
2014 yakni Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD dan Program Media
Pembelajaran PAUD Pesisir. Kedua program tersebut akan diterapkan pada Labsite
PAUD tersebut dibagi masing-masing satu program. Penetapan program yang akan
diterapkan oleh Labsite PAUD tersebut berdasarkan karakteristik lokasi dan pengembangan
programnya.
2. Kriteria Lokasi
a. Penerapan Program Manajemen Parenting di lembaga PAUD.
1. Domisili orangtua dengan lokasi lembaga PAUD tidak berjauhan jauh.
2. Lokasi pesisir atau perkotaan.
b. Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir.
3. Lembaga PAUD berlokasi di daerah pesisir dan sekitarnya.
3. Kriteri Pengembangan Program
a. Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD
1. Lembaga PAUD yang memiliki kompetensi tentang materi program yang akan
diterapkan, hasil dari kegiatan workshoop penerapan.
2. Konsistensi keterlibatan orangtua di lembaga PAUD.
3. Kepedulian dan keterlibatan orangtua terhadap tumbuh kembang anak.
4. Kehadiran pertemuan orangtua saat diundang oleh lembaga PAUD.
5. Kegiatan parenting yang diprogramkan setiap tahun oleh lembaga PAUD..
6. Kepedulian lembaga PAUD terhadap masalah perkembangan anak.
7. Adanya jadwal pertemuan orangtua dengan lembaga PAUD.
8. Memiliki pendidik lebih dari 4 orang.
9. Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan tenaga kependidikan bersama
orangtua.
10.
Memiliki tingkat
kepedulian orangtua sebanyak 10 orangtua dalam satu rombongan belajar.
b. Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir
1. Lembaga PAUD yang memiliki kompetensi tentang materi program yang akan
diterapkan, hasil dari kegiatan workshoop penerapan.
2. Pendidiknya memiliki kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran.
3. Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dengan tenaga kependidikan.
4. Memiliki peserta didik sebanyak 20 orang dalam satu rombongan belajar.
B. LABSITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM
a. Umum
Program PAUD yang akan dikembangkan tahun 2015,
akan diujicobakan pada Labsite PAUD di dua Provinsi, yakni Provinsi Maluku dan
Provinsi Papua Barat. Sementara program PAUD yang akan dikembangkan tahun 2015
diarahkan pengembangannya pada Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua
dan Program PAUD Alam. Kedua pengembangan program PAUD tersebut akan
dilaksanakan ujicobanya pada kedua Labsite. Labsite PAUD ujicoba pengembangan
program ditetapkan berdasarkan karakteristik lokasi dan pengembangan
programnya.
b.Kriteria lokasi
a) Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua
1. Domisili orangtua dengan lokasi lembaga PAUD tidak berjauhan.
2. Lokasi pesisir atau perkotaan.
b) Program Penyelenggaraan PAUD Alam
1. Tanah hak milik seluas minimal 500 M2 bagi pengembangan area alam sebanyak empat area.
2. Minimal memiliki pohon sebagai peteduh anak menunjukkan alam sebenarnya.
4. Kriteria Pengembangan Program
a. Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua
1. Konsistensi keterlibatan orangtua di lembaga PAUD.
2. Kepedulian dan keterlibatan orangtua terhadap tumbuh kembang anak.
3. Kehadiran pertemuan orangtua saat diundang oleh lembaga PAUD.
4. Kegiatan parenting yang diprogramkan setiap tahun oleh lembaga PAUD..
5. Kepedulian lembaga PAUD terhadap masalah perkembangan anak.
6. Adanya jadwal pertemuan orangtua dengan lembaga PAUD.
7. Memiliki pendidik lebih dari 4 orang.
8. Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan tenaga kependidikan bersama
orangtua.
9. Memiliki tingkat kepedulian orangtua sebanyak 10 orangtua dalam satu
rombongan belajar.
b. Program Penyelenggaraan PAUD Alam
1. Lembaga PAUD memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan
layanannya.
2. Lembaga PAUD memiliki visi dan misi yang konsisten.
3. Memiliki pendidik minimal 4 orang.
4. Memiliki peserta didik minimal 20 orang dalam satu rombongan belajar.
C. ALUR PENYELENGGARAAN LABSITE PAUD
Alur penyelenggaraan Labsite PAUD baik penerapan
program maupun ujicoba pengembangan program, terlihat pada bagan dibawah ini.
Bagan
Alur Penyelenggaraan Labsite
PAUD
Penerapan Program
Maupun Ujicoba Pengembangan Program
Laporan
penyelenggaraan
labsite
|
Orientasi
Penyelenggaraan
Labsite
|
Penyelenggaraan
Labsite
|
FGD
Penyelenggaraan
Labsite
|
Penyelenggara memahami
program
|
Kelemahan, keunggulan, hambatan, daya dukung,
dll
|
Terlaksananya dua program
penerapan maupun diujicobakan
Kelompok
Usaha
|
Dua program yang
diterapkan maupun diujicobakan
|
Dokumen
naskah
program dan perangkatnya
pengembangan
KUBUS
dan KKPK
|
D. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Adanya program manajemen parenting yang direncanakan pada program kerja
lembaga PAUD setiap tahun.
b. Terbentuk dan terbinanya organisasi parenting di lembaga PAUD.
c. Adanya pemanfaatan potensi daerah pesisir dan sekitarnya oleh lembaga PAUD
sebagai media pembelajaran PAUD.
d. Munculnya kreativitas pendidik dalam mengembangkan potensi daerah pesisir
dan sekitarnya sebagai media pembelajaran PAUD
E. PEMBIAYAAN LABSITE PAUD PENERAPAN PROGRAM
1.
Orientasi Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
|
VOLUME
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH BIAYA
|
|||
A.
Belanja Bahan
|
|
|
|
680,000
|
||
1
|
ATK
Orientasi
|
1
|
|
540,000
|
540,000
|
|
2
|
Perlengkapan
peserta [2 ORG x 1 KEG
|
2
|
OK
|
70,000
|
140,000
|
|
B.
Belanja Jasa Profesi
|
|
|
|
2,000,000
|
||
1
|
Honor
Nara sumber orientasi [2 ORG x 2 JAM x 1 HARI]
|
4
|
OJ
|
500,000
|
2,000,000
|
|
C.
Belanja Jasa Profesi
|
|
|
|
15,180,000
|
||
1
|
Transport
udara dari Papua Barat ORG x 1 LOK x 1
HARI]
|
1
|
OK
|
3,500,000
|
3,500,000
|
|
2
|
Transport
darat dari Papua Barat [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
|
1
|
OK
|
900,000
|
900,000
|
|
3
|
Transport
udara dari Maluku Utara [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
|
1
|
OK
|
6,500,000
|
6,500,000
|
|
4
|
Transport
darat dari Papua Barat [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
|
1
|
OK
|
1,600,000
|
1,600,000
|
|
Uang saku rapat di dalam kantor
[2ORG x 1 HARI]
|
2
|
OK
|
300,000
|
600,000
|
||
6
|
Uang harian perjalanan dinas
luar kota (Papua) [3 ORG x 1 HARI]
|
2
|
OH
|
580,000
|
1,160,000
|
|
7
|
Biaya Penginapan perjalanan
dinas pejabat eselon IV/ Golongan III (Papua) [2 ORG x 1 HARI}
|
2
|
OH
|
460,000
|
920,000
|
|
JUMLAH
|
17,860,000
|
2.
Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
|
VOLUME
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH BIAYA
|
|||
A. Belanja
Bahan
|
|
|
|
27,000,000
|
||
1
|
ATK
dan bahan habis pakai
|
2
|
LBG
|
1,500,000
|
3,000,000
|
|
2
|
Perlengkapan peserta (20 ORG x 2 LBG)
|
40
|
OK
|
30,000
|
1,200,000
|
|
3
|
Penggandaan
|
2
|
LBG
|
600,000
|
1,200,000
|
|
4
|
Biaya makan gizi tambahan peserta didik (20 ORG x 2 LBG
x 20 KALI)
|
800
|
OK
|
25,000
|
20,000,000
|
|
5
|
Makan Rapat biasa Papua (8 ORG x 2 KALI x 2 LBG)
|
32
|
OK
|
50,000
|
1,600,000
|
|
B
|
Honor
Output Kegiatan
|
2,600,000
|
||||
1
|
Honorarium Ketua Panitia FGD [1
ORG x 2 LBG)
|
2
|
OK
|
400,000
|
800,000
|
|
2
|
Honorarium Sekretaris Panitia FGD (1 ORG x 2 LBG)
|
2
|
OK
|
300,000
|
600,000
|
|
3
|
Honorarium anggota panitia FGD (2 ORG x 2 LBG)
|
4
|
OK
|
300,000
|
1,200,000
|
|
C.
Belanja Jasa Profesi
|
|
|
|
12,000,000
|
||
1
|
Honor pendidik/tutor (2 ORG x 1 JAM x 60 HARI x 2 LBG)
|
240
|
OK
|
50,000
|
12,000,000
|
|
D.
Belanja Perjalanan Biasa
|
|
|
|
1,200,000
|
||
1
|
Transport
koordinasi pengelola [2 ORG x 2 KALI x
2 LBG]
|
8
|
OK
|
150,000
|
1,200,000
|
|
E.
Belanja barang lainnya untuk diserahkan kepada masyarakat/Pemda
|
|
|
|
25,000,000
|
||
1
|
Pengadaan alat dan bahan pembelajaran
|
2
|
LBG
|
7,500,000
|
15,000,000
|
|
2
|
Sarana prasarana kelembagaan Laboratorium PAUD
|
2
|
LBG
|
5,000,000
|
10,000,000
|
|
JUMLAH
|
67,800,000
|
3.
FGD Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
|
VOLUME
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH BIAYA
|
|||
A. Belanja
Bahan
|
|
|
|
4,750,000
|
||
1
|
ATK dan bahan habis
pakai
|
2
|
KEG
|
500,000
|
1,000,000
|
|
2
|
Perlengkapan
peserta FGD [15 ORG x 2 LBG]
|
30
|
OK
|
35,000
|
1,050,000
|
|
3
|
Makan rapat
biasa PAPUA [15 ORG x 1 KEG x 2 LBG]
|
30
|
OK
|
50,000
|
1,500,000
|
|
4
|
Penggandaan
|
2
|
LBG
|
600,000
|
1,200,000
|
|
B. Belanja
Perjalanan Biasa
|
|
|
|
4,500,000
|
||
1
|
Transport
peserta FGD [15 ORG x 1 HARI x 2 LBG
|
30
|
OK
|
150,000
|
4,500,000
|
|
JUMLAH
|
9,250,000
|
F.
PEMBIAYAAN LABSITE UJICOBA PENGEMBANGAN
PROGRAM
Pembiayaan untuk Labsite ujicoba pengembangan
program akan disesuaikan dengan kebutuhan pengkajian dan pengembangan program
tahun 2015.
BAB III
STRATEGI PENYELENGGARAAN LABSITE PAUD
A. PERSIAPAN
Tahap persiapan pada
penyelenggaraan Labsite yang perlu
dilakukan oleh pengembang program yaitu :
a.
Menetapkan
lokasi/lembaga penyelenggara Labsite dengan menggunakan metode teknik purposive sampling;
b.
Penandatanganan
Akad Kerja Sama (AKS) antara BP-PAUDNI Regional VI dengan calon penyelenggara Labsite.
B. PELAKSANAAN
Tahap pelaksanaan pada
penyelenggaraan Labsite, terbagi dalam 3 tahap, tahap pertama orientasi
penyelenggaraan Labsite, tahap kedua penyelenggaraan Labsite dan tahap ketiga
FGD penyelenggaraan Labsite.
1. Orientasi
penyelenggaraan labsite
Pada
tahap ini pengembang program melakukan orientasi penyelenggaraan Labsite kepada
lembaga penyelenggara terpilih. Maksud dan tujuan dilakukan orientasi agar
pengelola program memahami secara teknis penyelenggaraan program yang akan
diterapkan pada Labsite.
2. Penyelenggaraan
labsite
Pada tahap ini pengembang program
meng-inventarisir hal-hal teknis penyelenggaraan program., meliputi :
1)
Pengadaan ATK dan bahan habis pakai kali 2 labsite
2)
Perlengkapan peserta (20 ORG x 2 LBG)
3)
Penggandaan kali 2 labsite
4)
Makan gizi tambahan peserta didik (20 ORG x 2 LBG x 20 KALI)
5)
Makan Rapat biasa Papua (8 ORG x 2 KALI x 2 LBG)
6)
Ketua Panitia FGD [1 ORG x 2 LBG)
7)
Sekretaris Panitia FGD (1 ORG x 2 LBG)
8)
Anggota Panitia FGD (2 ORG x 2 LBG)
9)
Pendidik/Tutor (2 ORG x 1 JAM x 60 HARI x 2 LBG)
10)
Transport koordinasi pengelola
[2 ORG x 2 KALI x 2 LBG]
11)
Pengadaan alat dan bahan pembelajaran kali 2 labsite x 2 program
12)
Sarana prasarana kelembagaan Laboratorium PAUD
3. FGD
Penyelenggaraan Labsite
Kegiatan FGD dilakukan selama satu
hari. FGD dimaksudkan untuk membahas aspek kelemahan, keunggulan, hambatan,
daya dukung, dan inovasi pelaksanaan program pada labsite.
Pihak yang terlibat dalam FGD
sebanyak 15 orang per labsite. Unsur yang diundang antara lain (1) dinas
pendidikan kab/kota setempat, (2) pengelola Lembaga PAUD, (3) penilik, (4) pamong belajar, (5) Himpaudi, dan (6) IGTKI.
Bab IV
PENUTUP
Demikian Desain Penyelenggaraan Labsite
PAUD disusun, digunakan sebagai acuan penyelenggaraannnya. Hal-hal lain yang belum diatur dalam desain ini mengenai pembiayaan Labsite Ujicoba Pengembangan
Program ini akan diatur kemudian sesuai dengan kebutuhan dan
perubahan yang terjadi.
Terima kasih.......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar