Selasa, 03 Maret 2015

Pedoman Labsite PAUD 2015



DAFTAR ISI


COVER........................................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii

BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
A.    LATAR BELAKANG.............................................................................. 1
B.     DASAR HUKUM.................................................................................
C.     TUJUAN............................................................................................ 5
D.    PENGERTIAN..................................................................................... 7
E.     HASIL YANG DIHARAPKAN................................................................. 8
F.     SASARAN.......................................................................................... 8
BAB II
PROSEDUR
PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD........................................................... 9
A.  LAB SITE PENERAPAN PROGRAM PAUD............................................. 9
B.  LAB SITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM................................. 12
C.  ALUR PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD......................................... 15
D. INDIKATOR KEBERHASILAN................................................................ 17
E.   PEMBIAYAAN LAB SITE PAUD PENERAPAN PROGRAM .......................  18
F.   PEMBIAYAAN LAB SITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM........... 22
BAB III
STRATEGI PENYELENGGARAAN LAB SITE PAUD............................................ 23
A.      PERSIAPAN........................................................................................ 23
B.      PELAKSANAAN.................................................................................. 24
1.       Orientasi penyelenggaraan labsite................................................ 24
2.       Penyelenggaraan labsite.............................................................. 24
3.       FGD Penyelenggaraan Labsite...................................................... 26
Bab IV
PENUTUP.................................................................................................... 27

BAB I
PENDAHULUAN

A.           LATAR BELAKANG
Pendidikan anak usia dini (PAUD) salah satu usaha dalam menyiapkan generasi emas Indonesia yakni penerus bangsa yang siap bersaing dalam kualitas dan kreativitas sekaligus diharapkan mampu menjadi pioneer dalam membangun bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi bagian tugas Balai Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (BP-PAUDNI) Regional VI dalam melakukan pengembangan program salah satu kajiannya di bidang PAUD. Pengkajian dan pengembangan program PAUD sangatlah memerlukan Labsite. Pada Labsite PAUD tahun 2015 ini akan dibagi atas dua bagian, yang pertama Labsite penerapan program dan yang kedua Labsite ujicoba pengembangan program.
Labsite penerapan program (ada 2 Labsite) merupakan tempat yang digunakan untuk menerapkan program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014 (Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD dan Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir, Labsite PAUD masing-masingnya akan menerapkan 1 program berdasarkan karakteristik program yang dikembangkan dengan lembaga PAUD bersangkutan), bertujuan untuk memperoleh kelayakan terhadap naskah program beserta perangkatnya (jika ada perangkatnya). Sedangkan Labsite ujicoba pengembangan program (ada 2 Labsite) merupakan tempat yang digunakan untuk melaksanakan pengembangan program tahun 2015 dengan arah pengembangan programnya yakni Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua dan Program PAUD Alam, bertujuan untuk memperoleh hasil yang signifikan terhadap naskah program beserta perangkatnya (jika ada perangkatnya).
Penetapan Labsite akan berdasarkan kriteria khusus akan diuraikan pada bagian selanjutnya, sementara kriteria umumnya yakni Labsite merupakan lembaga PAUD yang memiliki gedung yang representatif dan memiliki ijin operasional dari dinas pendidikan setempat serta proses pembelajarannya terus menerus sesuai jadwalnya.
Tahun 2015 ini, Labsite PAUD akan tersebar di wilayah regional VI masing-masing berjumlah 1 Labsite PAUD yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku, dan Provinsi Maluku Utara. Penetapan lokasi Labsite Penerapan Program dan Labsite Ujicoba Pengembangan Program, akan ditetapkan berdasarkan hasil FGD bersama Kepala UPTD (SKB/BPKB/BP-PLSP) saat kegiatan Temu Koordinasi Regional VI, akan dikaji dengan kriteria umum dan kriteria khusus lembaga Labsite yang telah ditetapkan oleh BP-PAUDNI Regional VI.
Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Labsite PAUD, maka penyelenggaraan Labsite dilakukan dengan tiga tahapan, antara lain : (1) Orientasi Penyelenggaraan Labsite; (2) Penyelenggaraan Labsite; dan (3) FGD Penyelenggaraan Labsite.

B.               DASAR HUKUM
1.     Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
4.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Nonformal;
5.     Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya;
6.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja BP-PAUDNI;
7.     Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) BP-PAUDNI Regional VI Tahun 2015. Nomor : 023.05.2.670515/2015 Tanggal 14 November 2014
C.               TUJUAN
1.   Tujuan Penyusunan Desain Labsite PAUD
Untuk memberikan acuan bagi BP-PAUDNI Regional VI dalam menyelenggarakan Labsite PAUD tahun 2015.

2.   Tujuan Penyelenggaraan Labsite PAUD
a.   Untuk memfasilitasi tim pengembang PAUD melaksanakan penerapan program PAUD yang dikembangkan tahun 2014 (Program Manajemen Parenting dan Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir), agar semakin memperoleh kelayakan dan kebermutuan program yang telah dikembangkan sehingga dapat direplikasikan oleh lembaga PAUD dan atau pihak yang berkepentingan.
b.   Untuk memfasilitasi tim pengembang PAUD melaksanakan ujicoba pengembangan program tahun 2015, agar memperoleh hasil yang siginifikan sehingga dapat didesiminasi atau ditindaklanjuti pengembangannya.


D.              PENGERTIAN
1.   Orientasi Penyelenggaraan Labsite PAUD adalah suatu kegiatan penjelasan teknis dari tim pengembang program PAUD kepada calon pengelola Labsite. Orientasi dimaksudkan agar calon pengelola memiliki pengetahuan dan keterampilan menyelenggarakan Labsite tersebut.
2.   Penyelenggaraan Labsite PAUD adalah suatu aktivitas penerapan program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014 (Labsite Penerapan Program PAUD) atau melakukan ujicoba pengembangan program PAUD yang sedang dikembangkan tahun 2015 (Labsite Ujicoba Pengembangan Program PAUD).
3.   FGD penyelenggaraan Labsite adalah sebagai wadah untuk melakukan diskusi terarah hasil penerapan program PAUD tahun 2014 atau hasil ujicoba pengembangan programtahun 2015. Dilakukan oleh Labsite bersangkutan dengan mengundang pihak terkait.
E.               HASIL YANG DIHARAPKAN
1.   Adanya dua lembaga Labsite PAUD penerapan program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014.
2. Adanya dua lembaga Labsite PAUD ujicoba pengembangan program PAUD yang akan dikembangkan tahun 2015.

F.                SASARAN
Sasaran penyelenggaraan Labsite PAUD adalah SKB/BPKB/BP-PLSP/Lembaga PAUD berdasarkan kriteria lokasi dan kriteria pengembangan program.


BAB II
PROSEDUR
PENYELENGGARAAN LABSITE PAUD

A.   LABSITE PENERAPAN PROGRAM PAUD
1.   Umum
Program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014, akan diterapkan pada Labsite PAUD di dua Provinsi, yakni Provinsi Papua Barat dan Provinsi Maluku Utara. Sementara program PAUD yang telah dikembangkan tahun 2014 yakni Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD dan Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir. Kedua program tersebut akan diterapkan pada Labsite PAUD tersebut dibagi masing-masing satu program. Penetapan program yang akan diterapkan oleh Labsite PAUD tersebut berdasarkan karakteristik lokasi dan pengembangan programnya.


2.   Kriteria Lokasi
a.   Penerapan Program Manajemen Parenting di lembaga PAUD.
1.   Domisili orangtua dengan lokasi lembaga PAUD tidak berjauhan jauh.
2.   Lokasi pesisir atau perkotaan.
b.   Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir.
3.   Lembaga PAUD berlokasi di daerah pesisir dan sekitarnya.
3.   Kriteri Pengembangan Program
a.   Program Manajemen Parenting di Lembaga PAUD
1.   Lembaga PAUD yang memiliki kompetensi tentang materi program yang akan diterapkan, hasil dari kegiatan workshoop penerapan.
2.   Konsistensi keterlibatan orangtua di lembaga PAUD.
3.   Kepedulian dan keterlibatan orangtua terhadap tumbuh kembang anak.
4.   Kehadiran pertemuan orangtua saat diundang oleh lembaga PAUD.
5.   Kegiatan parenting yang diprogramkan setiap tahun oleh lembaga PAUD..
6.   Kepedulian lembaga PAUD terhadap masalah perkembangan anak.
7.   Adanya jadwal pertemuan orangtua dengan lembaga PAUD.
8.   Memiliki pendidik lebih dari 4 orang.
9.   Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan tenaga kependidikan bersama orangtua.
10.                 Memiliki tingkat kepedulian orangtua sebanyak 10 orangtua dalam satu rombongan belajar.
b.   Program Media Pembelajaran PAUD Pesisir
1.   Lembaga PAUD yang memiliki kompetensi tentang materi program yang akan diterapkan, hasil dari kegiatan workshoop penerapan.
2.   Pendidiknya memiliki kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran.
3.   Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dengan tenaga kependidikan.
4.   Memiliki peserta didik sebanyak 20 orang dalam satu rombongan belajar.

B.   LABSITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM
a. Umum
Program PAUD yang akan dikembangkan tahun 2015, akan diujicobakan pada Labsite PAUD di dua Provinsi, yakni Provinsi Maluku dan Provinsi Papua Barat. Sementara program PAUD yang akan dikembangkan tahun 2015 diarahkan pengembangannya pada Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua dan Program PAUD Alam. Kedua pengembangan program PAUD tersebut akan dilaksanakan ujicobanya pada kedua Labsite. Labsite PAUD ujicoba pengembangan program ditetapkan berdasarkan karakteristik lokasi dan pengembangan programnya.
b.Kriteria lokasi
a)   Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua
1.   Domisili orangtua dengan lokasi lembaga PAUD tidak berjauhan.
2.   Lokasi pesisir atau perkotaan.
b)  Program Penyelenggaraan PAUD Alam
1.   Tanah hak milik seluas minimal 500 M2 bagi pengembangan area alam sebanyak empat area.
2.   Minimal memiliki pohon sebagai peteduh anak menunjukkan alam sebenarnya.
4.   Kriteria Pengembangan Program
a.   Program Pelatihan Home Creative bagi Orangtua
1.   Konsistensi keterlibatan orangtua di lembaga PAUD.
2.   Kepedulian dan keterlibatan orangtua terhadap tumbuh kembang anak.
3.   Kehadiran pertemuan orangtua saat diundang oleh lembaga PAUD.
4.   Kegiatan parenting yang diprogramkan setiap tahun oleh lembaga PAUD..
5.   Kepedulian lembaga PAUD terhadap masalah perkembangan anak.
6.   Adanya jadwal pertemuan orangtua dengan lembaga PAUD.
7.   Memiliki pendidik lebih dari 4 orang.
8.   Adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan tenaga kependidikan bersama orangtua.
9.   Memiliki tingkat kepedulian orangtua sebanyak 10 orangtua dalam satu rombongan belajar.


b.   Program Penyelenggaraan PAUD Alam
1.   Lembaga PAUD memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan layanannya.
2.   Lembaga PAUD memiliki visi dan misi yang konsisten.
3.   Memiliki pendidik minimal 4 orang.
4.   Memiliki peserta didik minimal 20 orang dalam satu rombongan belajar.

C.   ALUR PENYELENGGARAAN LABSITE PAUD
Alur penyelenggaraan Labsite PAUD baik penerapan program maupun ujicoba pengembangan program, terlihat pada bagan dibawah ini.



Bagan
Alur Penyelenggaraan Labsite PAUD
Penerapan Program Maupun Ujicoba Pengembangan Program
Laporan
penyelenggaraan
labsite
Orientasi
Penyelenggaraan
Labsite

Penyelenggaraan
Labsite
FGD
Penyelenggaraan
Labsite
Penyelenggara memahami
program
Kelemahan, keunggulan, hambatan, daya dukung, dll
Terlaksananya dua program penerapan maupun diujicobakan
Kelompok
Usaha
Dua program yang diterapkan maupun diujicobakan
Dokumen naskah program dan perangkatnya pengembangan
KUBUS dan KKPK
 






















D.  INDIKATOR KEBERHASILAN
a.     Adanya program manajemen parenting yang direncanakan pada program kerja lembaga PAUD setiap tahun.
b.     Terbentuk dan terbinanya organisasi parenting di lembaga PAUD.
c.      Adanya pemanfaatan potensi daerah pesisir dan sekitarnya oleh lembaga PAUD sebagai media pembelajaran PAUD.
d.     Munculnya kreativitas pendidik dalam mengembangkan potensi daerah pesisir dan sekitarnya sebagai media pembelajaran PAUD


E.   PEMBIAYAAN LABSITE PAUD PENERAPAN PROGRAM
1.          Orientasi Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
VOLUME
HARGA SATUAN
JUMLAH BIAYA


A. Belanja Bahan



680,000

1
ATK Orientasi
1

540,000
540,000

2
Perlengkapan peserta [2 ORG x 1 KEG
2
OK
70,000
140,000

B. Belanja Jasa Profesi



2,000,000

1
Honor Nara sumber orientasi [2 ORG x 2 JAM x 1 HARI]
4
OJ
500,000
2,000,000

C. Belanja Jasa Profesi



15,180,000

1
Transport udara dari Papua Barat  ORG x 1 LOK x 1 HARI]
1
OK
3,500,000
3,500,000

2
Transport darat dari Papua Barat [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
1
OK
900,000
900,000

3
Transport udara dari Maluku Utara [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
1
OK
6,500,000
6,500,000

4
Transport darat dari Papua Barat [1 ORG x 1 LOK x 1 HARI]
1
OK
1,600,000
1,600,000

5
Uang saku rapat di dalam kantor [2ORG x 1 HARI]
2
OK
300,000
600,000

6
Uang harian perjalanan dinas luar kota (Papua) [3 ORG x 1 HARI]
2
OH
580,000
1,160,000

7
Biaya Penginapan perjalanan dinas pejabat eselon IV/ Golongan III (Papua) [2 ORG x 1 HARI}
2
OH
460,000
920,000

JUMLAH
17,860,000




2.          Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
VOLUME
HARGA SATUAN
JUMLAH BIAYA


A. Belanja Bahan



    27,000,000

1
ATK dan bahan habis pakai
2
LBG
1,500,000
3,000,000

2
Perlengkapan peserta (20 ORG x 2 LBG)
40
OK
30,000
1,200,000

3
Penggandaan
2
LBG
600,000
1,200,000

4
Biaya makan gizi tambahan peserta didik (20 ORG x 2 LBG x 20 KALI)
800
OK
25,000
20,000,000

5
Makan Rapat biasa Papua (8 ORG x 2 KALI x 2 LBG)
32
OK
50,000
1,600,000

B
Honor Output Kegiatan



2,600,000

1
Honorarium Ketua Panitia FGD [1 ORG x 2 LBG)
2
OK
400,000
800,000

2
Honorarium Sekretaris Panitia FGD (1 ORG x 2 LBG)
2
OK
300,000
600,000

3
Honorarium anggota panitia FGD (2 ORG x 2 LBG)
4
OK
300,000
1,200,000

C. Belanja Jasa Profesi



12,000,000

1
Honor pendidik/tutor (2 ORG x 1 JAM x 60 HARI x 2 LBG)
240
OK
50,000
12,000,000

D. Belanja Perjalanan Biasa



1,200,000

1
Transport koordinasi pengelola  [2 ORG x 2 KALI x 2 LBG]
8
OK
150,000
1,200,000

E. Belanja barang lainnya untuk diserahkan kepada masyarakat/Pemda



25,000,000

1
Pengadaan alat dan bahan pembelajaran
2
LBG 
7,500,000 
15,000,000

 2
Sarana prasarana kelembagaan Laboratorium PAUD
2
LBG
5,000,000
10,000,000

JUMLAH
67,800,000

3.          FGD Penyelenggaraan Labsite
KOMPONEN
VOLUME
HARGA SATUAN
JUMLAH BIAYA


A. Belanja Bahan



4,750,000

 1
ATK dan bahan habis pakai
2
KEG
500,000
1,000,000

 2
Perlengkapan peserta FGD [15 ORG x 2 LBG]
30
OK
35,000
1,050,000

 3
Makan rapat biasa PAPUA [15 ORG x 1 KEG x 2 LBG]
30
OK
50,000
1,500,000

 4
Penggandaan
2
LBG
600,000
1,200,000

B. Belanja Perjalanan Biasa



4,500,000

 1
Transport peserta FGD [15 ORG x 1 HARI x 2 LBG
30
OK
150,000
4,500,000

JUMLAH
9,250,000


F.    PEMBIAYAAN LABSITE UJICOBA PENGEMBANGAN PROGRAM
Pembiayaan untuk Labsite ujicoba pengembangan program akan disesuaikan dengan kebutuhan pengkajian dan pengembangan program tahun 2015.



BAB III
STRATEGI PENYELENGGARAAN LABSITE PAUD
A.      PERSIAPAN
Tahap persiapan pada penyelenggaraan Labsite  yang perlu dilakukan oleh pengembang program yaitu :
a.   Menetapkan lokasi/lembaga penyelenggara Labsite dengan menggunakan metode teknik purposive sampling;
b.   Penandatanganan Akad Kerja Sama (AKS) antara BP-PAUDNI Regional VI dengan calon penyelenggara Labsite.

B.      PELAKSANAAN
Tahap pelaksanaan pada penyelenggaraan Labsite, terbagi dalam 3 tahap, tahap pertama orientasi penyelenggaraan Labsite, tahap kedua penyelenggaraan Labsite dan tahap ketiga FGD penyelenggaraan Labsite.
1.   Orientasi penyelenggaraan labsite
         Pada tahap ini pengembang program melakukan orientasi penyelenggaraan Labsite kepada lembaga penyelenggara terpilih. Maksud dan tujuan dilakukan orientasi agar pengelola program memahami secara teknis penyelenggaraan program yang akan diterapkan pada Labsite.
2.   Penyelenggaraan labsite
Pada tahap ini pengembang program meng-inventarisir hal-hal teknis penyelenggaraan program., meliputi :
1)   Pengadaan ATK dan bahan habis pakai kali 2 labsite
2)   Perlengkapan peserta (20 ORG x 2 LBG)
3)   Penggandaan kali 2 labsite
4)   Makan gizi tambahan peserta didik (20 ORG x 2 LBG x 20 KALI)
5)   Makan Rapat biasa Papua (8 ORG x 2 KALI x 2 LBG)
6)   Ketua Panitia FGD [1 ORG x 2 LBG)
7)   Sekretaris Panitia FGD (1 ORG x 2 LBG)
8)   Anggota Panitia FGD (2 ORG x 2 LBG)
9)   Pendidik/Tutor (2 ORG x 1 JAM x 60 HARI x 2 LBG)
10)                     Transport koordinasi pengelola  [2 ORG x 2 KALI x 2 LBG]
11)                     Pengadaan alat dan bahan pembelajaran kali 2 labsite x 2 program
12)                     Sarana prasarana kelembagaan Laboratorium PAUD


3.   FGD Penyelenggaraan Labsite
Kegiatan FGD dilakukan selama satu hari. FGD dimaksudkan untuk membahas aspek kelemahan, keunggulan, hambatan, daya dukung, dan inovasi pelaksanaan program pada labsite.
Pihak yang terlibat dalam FGD sebanyak 15 orang per labsite. Unsur yang diundang antara lain (1) dinas pendidikan kab/kota setempat, (2) pengelola Lembaga PAUD,  (3) penilik, (4) pamong belajar, (5) Himpaudi, dan (6) IGTKI.




Bab IV
PENUTUP

Demikian Desain Penyelenggaraan Labsite PAUD disusun, digunakan sebagai acuan penyelenggaraannnya.  Hal-hal lain yang belum diatur dalam desain ini mengenai pembiayaan Labsite Ujicoba Pengembangan Program ini akan diatur kemudian sesuai dengan kebutuhan dan perubahan yang terjadi.
Terima kasih.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar