07/ 11/ 2014
PEMATERI : Pak Iyan
Pengajaran dengan sasaran masyarakat antara umur 14-59 tahun. Pada saat
pembelajaran jangan sampai menyinggung perasaan warga belajar. Perubahan sikap
didahulukan dengan harapan pondasi awal pembelajaran,dan sebagai contoh
tutor berkelakuan baik dahulu. Perubahan dalam pembelajaran yang kedua yaitu pengetahuan
penekanan pembelajaran pada CaLisTung. Perubahan yang terakhir adalah
keterampilan yang nantinya diwujudkan apresiasi dengan memberikan SUKMA Surat
Keterangan Melek Aksara.
Unsur utama KBM yaitu RPP serangkaian proses untuk mencapai Kompetensi
Dasar.
SKL :{SKL KD ,SKL Keaksaraan Usaha Mandiri } >Silabus >RPP
Pencapaian perumusan tujuan Pembelajaran
A-udiens = peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
B-ehaviour = pengalaman
C-ondition = alam situasi
D-egree = tingkat ketuntasan mencapai tujuan pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
Nama lembaga / kelompok belajar :
PKBM / Kelompok Cendrawasih
Program pendidikan :
KEAKSARAAN DASAR
A.
Kompetensi
Inti : Mampu membaca,
menulis, berbicara dan berhitung untuk mendukung aktivitas di lingkungan
keluarga dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar : 3.1 Membaca suku
kata dan kata yang terdiri
atas huruf vokal dan konsonan berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
C.
Indikator : 3.1.1 Mampu melafalkan
huruf dengan benar
3.1.2 Mampu membaca suku kata yang terdiri atas huruf vokal dan konsonan
3.1.3 Mampu membaca kata yang terdiri atas dua suku kata atau lebih
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
D.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan 120
menit
E. Tujuan Pembelajaran :
Ü Peserta didik dapat melafalkan huruf dengan benar
Ü Peserta didik dapat membaca suku kata yang terdiri
atas huruf vokal dan konsonan
Ü Peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas
dua suku kata atau lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
F.
Materi
Pembelajaran : Membaca suku
kata, kata, dan kalimat
G.
Metode
Pembelajaran : Demonstrasi,
kelompok, diskusi
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Awal
ü Pembukaan salam dan perkenalan
ü Penyampaian tujuan pembelajaran
ü Penyampaian kontrak belajar dengan peserta didik
|
5 menit
10 menit
10 menit
|
2.
2.
|
Inti
ü Memperlihatkan bentuk suku kata
ü Menunjukkan cara membaca dengan benar
ü Setiap warga belajar membaca satu persatu suku
kata yang telah diajarkan
ü Menugaskan setiap warga belajar menyusun suku
kata menjadi kata yang benar
ü Membaca dengan benar kata yang terbentuk dari
suku kata
ü Melakukan test kemampuan membaca kata dalam
kalimat yang berhubungan dengan perilaku sehari-hari
|
5 menit
5 menit
10 menit
20 menit
10 menit
20 menit
|
3.
3.
|
Akhir
ü Memberikan motifasi terkait materi pokok
ü Menutup kalimat terakhir dengan salam penutup
|
10
5
|
I.
Alat, Media
dan Sumber Belajar : kertas karton, suku kata, kata, white board, spidol
J.
Penilaian : test
demonstrasi membaca dan menyusun kata
Ketua Lembaga
Yan F Marani
|
Penyusun,
Tutor
Faisal Riza Hasbullah
|
Bahan ajar:
Huruf vokal
A
I
U
E
O
a
i
u
e
o
Membaca Persuku Kata Sampai Dengan Kalimat
NAK
|
JIB
|
LA
|
JAR
|
A
|
BE
|
WA
|
ANAK WAJIB BELAJAR
|
Mengurutkan Beberapa Suku Kata menjadi Kalimat.
A
|
WA
|
BE
|
JAR
|
LA
|
JIB
|
NAK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar