Rabu, 12 November 2014

PENDIDIKAN MASYARAKAT


07/ 11/ 2014
PEMATERI : Pak Iyan
Pengajaran dengan sasaran masyarakat antara umur 14-59 tahun. Pada saat pembelajaran jangan sampai menyinggung perasaan warga belajar. Perubahan sikap didahulukan dengan harapan pondasi awal pembelajaran,dan sebagai contoh tutor berkelakuan baik dahulu. Perubahan dalam pembelajaran yang kedua yaitu pengetahuan penekanan pembelajaran pada CaLisTung. Perubahan yang terakhir adalah keterampilan yang nantinya diwujudkan apresiasi dengan memberikan SUKMA Surat Keterangan Melek Aksara.
Unsur utama KBM yaitu RPP serangkaian proses untuk mencapai Kompetensi Dasar.
SKL :{SKL KD ,SKL Keaksaraan Usaha Mandiri } >Silabus >RPP
Pencapaian perumusan tujuan Pembelajaran
A-udiens = peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
B-ehaviour = pengalaman
C-ondition = alam situasi
D-egree = tingkat ketuntasan mencapai tujuan pembelajaran




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)


Nama lembaga / kelompok belajar      : PKBM / Kelompok Cendrawasih
Program pendidikan                            : KEAKSARAAN DASAR
A.    Kompetensi Inti                      : Mampu membaca, menulis, berbicara dan berhitung untuk mendukung aktivitas di lingkungan keluarga dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
B.     Kompetensi Dasar                   : 3.1 Membaca suku kata dan kata yang terdiri
atas huruf vokal dan konsonan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
C.     Indikator                                 : 3.1.1 Mampu melafalkan huruf dengan benar
  3.1.2 Mampu membaca suku kata yang terdiri atas huruf vokal dan konsonan
  3.1.3 Mampu membaca kata yang terdiri atas dua suku kata atau lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
D.    Alokasi Waktu                        : 2 x pertemuan 120 menit
E.     Tujuan Pembelajaran               :
Ü  Peserta didik dapat melafalkan huruf dengan benar
Ü  Peserta didik dapat membaca suku kata yang terdiri atas huruf vokal dan konsonan
Ü  Peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas dua suku kata atau lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
F.      Materi Pembelajaran               : Membaca suku kata, kata, dan kalimat
G.    Metode Pembelajaran             : Demonstrasi, kelompok, diskusi
H.    Langkah-langkah Pembelajaran:

Kegiatan
Alokasi Waktu
1.       
Awal
ü  Pembukaan salam dan perkenalan
ü  Penyampaian tujuan pembelajaran
ü  Penyampaian kontrak belajar dengan peserta didik

5 menit
10 menit
10 menit
2.      2.
Inti
ü  Memperlihatkan bentuk suku kata
ü  Menunjukkan cara membaca dengan benar
ü  Setiap warga belajar membaca satu persatu suku kata yang telah diajarkan
ü  Menugaskan setiap warga belajar menyusun suku kata menjadi kata yang benar
ü  Membaca dengan benar kata yang terbentuk dari suku kata
ü  Melakukan test kemampuan membaca kata dalam kalimat yang berhubungan dengan perilaku sehari-hari

5 menit
5 menit
10 menit

20 menit

10 menit

20 menit

3.      3.
Akhir
ü  Memberikan motifasi terkait materi pokok
ü  Menutup kalimat terakhir dengan salam penutup

10
5

I.       Alat, Media dan Sumber Belajar : kertas karton, suku kata, kata, white board, spidol
J.       Penilaian                                  : test demonstrasi membaca dan menyusun kata

Ketua Lembaga





Yan F Marani
Penyusun,
Tutor




Faisal Riza Hasbullah



Bahan ajar:
Huruf vokal
A
I
U
E
O

a
i
u
e
o
Membaca Persuku Kata Sampai Dengan Kalimat

NAK
JIB
LA
JAR
A
BE
WA
ANAK    WAJIB   BELAJAR
Rounded Rectangle: A Rounded Rectangle: NAK
Rounded Rectangle: WA Rounded Rectangle: JIB
Rounded Rectangle: BE Rounded Rectangle: LA Rounded Rectangle: JAR
Rounded Rectangle: ANAK    WAJIB   BELAJAR

 

Mengurutkan Beberapa Suku Kata menjadi Kalimat.
A
WA
BE
JAR
LA
JIB
NAK
Rounded Rectangle: A
Rounded Rectangle: WA
Rounded Rectangle: NAK
Rounded Rectangle: JIB
Rounded Rectangle: LA
Rounded Rectangle: JAR
Rounded Rectangle: BE
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar