Jumat, 27 Juni 2014

RPP KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
KELAS : V
Tema   : 6 Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema : 1 Tubuh Manusia
Pembelajaran   : ke 3 (Tiga)


KELOMPOK 6
NO.
NAMA
UNIT KERJA
NO. HP
Kecamatan
1.
Faisal Riza Hasbullah
SD Negeri 2 Pusporenggo
08978872213
Musuk
2.
Ibu Sujini
SD Negeri 3 Winong
081226374052
Boyolali
3.
Ibu Sujiwanti
SD Negeri 2 Tawangsari
087835330202
Teras
4.
Bp Sumardi
SD Negeri 1 Musuk
085643473459
Musuk
5.
Bp Suparno
SD Negeri 1 Sangup
081393161999
Musuk

ANGKATAN KE 3 PADA TANGGAL 25-29 JUNI 2014
KABUPATEN BOYOLALI
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                         : SD NEGERI
Kelas/Semester                        : 5 (Lima) / Genap
Tema                                       : 6 Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema                                : 1 Tubuh Manusia
Pembelajaran                           : ke 3 (Tiga)
Alokasi Waktu                        : 1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit)
Hari,Tanggal                           :................

A.   Kompetensi Inti (KI)
a)        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
b)       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
c)        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
d)       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
• Membaca teks mengenai manusia sebagai makhluk Individu dan makhluk sosial.
• Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.
Indikator:
• Mengenali karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
• Mencari tahu karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social dalam bentuk tabel.
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari
(rim, lusin, kodi).
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator:
• Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal.
• Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep hubungan antarsatuan kuantitas.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan membaca teks yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu.
2.        Dengan mengerjakan soal latihan, siswa mampu menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan beberapa satuan kuantitas dengan teliti.
3.        Dengan mengkonversi satuan kuantitas berbeda, siswa mampu membandingkan nilai kuantitas antar satuan dengan kritis.
4.        Dengan mengolah informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras.
5.        Dengan mengamati gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kritis.
6.        Dengan membaca teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”, siswa mampu menuliskan gagasan utama menggunakan kata-kata sendiri dan tata bahasa yang benar dengan kreatif.

D.   Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1.  Bahasa Indonesia        : Membaca teks bacaan “Siti ikut ibu berbelanja ke pasar” dan  “Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”
2. PPKn                             : Mengidentifikasi sifat manusia yang memiliki sifat individu dan sifat sosial
3. Matematika       : operasi penghitungan lembar, buah, lusin (12), kodi (20), groos (144), rim (500),
            
E.   Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.   Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan) 
2.   Model              :  Cooperatif Learning
3.   Metode            :  Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.        Media :   Gambar kegiatan di pasar, teks bacaan cerita “Siti ikut ibu berbelanja ke pasar” dan  “Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”, dan gambar kegiatan manusia yang memiliki sifat individu dan sifat social.

2.        Alat/Bahan      : Sendok, Kertas HVS -.

3.        Sumber Belajar            : 
a)        Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan : buku siswa / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 19-26
b)       Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Kelas V Tema 6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
2.       Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3.       Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum  melaksanakan pembelajaran inti.
4.       Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
 10 menit
Kegiatan Inti

1.   Siswa mengamati kertas HVS dan sendok yang dibawa guru, serta gambar toko peralatan rumah tangga, yang dibawa guru untuk dijadikan stimulus tentang satuan lusin, groos, rim, kodi dll. (mengamati)
2.   Siswa menggali informasi dari guru atau teman tentang benda-benda yang menggunakan konsep konversi satuan kuantitas tersebut. (rim untuk kertas, lusin untuk (sendok, gelas, atau piring), kodi untuk kain atau sarung.(menanya )
3.   Siswa membaca denagn teliti dan cermat informasi penting yang terdapat pada bacaan.(mengamati dan menalar)
4.   Siswa menuliskan satuan kuantitas yang ditemukan didalam bacaan { kertas 1rim =500lembar, 1 lusin (12 biji), 1kodi (20lembar ), 1 groos (144 buah),  bisa secara individual maupun kelompok atau berpasangan dengan teman sebangku.(mengkomunikasikan)
5.   Siswa menuliskan hakekat manusia sebagai makluk social dan makhluk individu. (mengkomunikasikan)
6.   Siswa menggali informasi tentang manusia makhluk individu dan makhluk social.(menanya)
7.   Siswa mempresentasikan hasil yang ditemukan mengenai satuan kuantitas dan hakekat menusia makhlu individu dan mkhluk sosial dari dalam bacaan { lembar, buah, lusin (12), kodi (20), groos (144), rim (500)}. (mengkomunikasikan)
8.   Siswa membaca teks “Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”untuk menemukan gagasan utama dan maksud manusia makhluk individu dan makhluk social..(mengamati dan mencoba)
9.   Siswa berdiskusi untuk menemukan gagasan utama pada setiap paragraph dan maksud dari manusia makhluk individu dan makhluk social dari teks bacaan.(mencoba dan mengamati)
10.  Siswa mempresentasikan hasil dan simpulan dari diskusi.(mengkomunikasikan)
 menit
Kegiatan Penutup
1.          Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum jelas dipelajari.
2.          Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
3.          Guru menjelaskan tema yang akan dipelajari untuk hari besuk.
4.          Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
10 menit

H. PENILAIAN
Teknik penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap : rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan.
b.      Penilaian pengetahuan : tes tertulis
c.       Penilaian keterampilan : unjuk kerja


2.      Bentuk instrument penilaian
Observasi sikap Percaya Diri
No
Aspek pengamatan
SKOR
1
2
3
4
1
Melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




2
Berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggung jawabkan




3
Tidak mudah putus asa




4
Berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang lain




5
Berani mencoba hal-hal yang baru




Jumlah




PENILAIAN SIKAP PERCAYA DIRI
No
Nama
Melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu
Berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggung jawabkan
Tidak mudah putu asa
Berani menunjukkan kemam-puan yang dimiliki di depan orang banyak.
Berani mencoba hal-hal yang baru
Jumlah
1







2







3







4







5









KEPALA SEKOLAH





………………………
NIP. …………………
………,…………..2014
GURU KELAS V





………………………….
NIP. …………………….

PENILAIAN PENGETAHUAN SAAT ANAK BERDISKUSI / PRESENTASI
No
Aspek pengamatan
SKOR
1
2
3
4
1
Berpikir logis




2
Serius dalam menyelesaikan tugas




3
Menyampaikan pendapat dengan percaya diri dan santun




4
Tata etika dalam pembicaraan dalam pergaulan




5
Tertib dalam berdiskusi




6.
Menghargai pendapat orang lain




7.
Menjaga kebersihan sebagai wujud cinta tanah air




Jumlah




PENILAIAN PENGETAHUAN SAAT ANAK BERDISKUSI / PRESENTASI
No
Nama
Berpikir logis
Serius dalam menyele-saikan tugas
Menyam-paikan pendapat dengan percaya diri dan santun
Tata etika dalam pembicaraan dalam pergaulan
Tertib dalam berdiskusi
Menghargai pendapat orang lain
Menjaga kebersihan sebagai wujud cinta tanah air
Jumlah
1









2









3









4









5












KEPALA SEKOLAH





………………………
NIP. …………………
………,…………..2014
GURU KELAS V





………………………….
NIP. …………………….

Rubrik Menyelesaikan Soal Matematika
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang konsep operasi hitung antarsatuan kuantitas
• Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
• Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk
memecahkan masalah
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:





Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan




Kecermatan
dan ketelitian














KEPALA SEKOLAH





………………………
NIP. …………………
………,…………..2014
GURU KELAS V





………………………….
NIP. …………………….


LAMPIRAN 1
Teks bacaan.
Teks Pertama:
Hari ini Siti ikut ibunya berbelanja. Siti dan ibu berbelanja berbagai alat rumah tangga. Selain untuk kebutuhan di rumah Siti, barang-barang yang dibeli ibu nantinya juga akan dijual lagi. Ada beberapa tetangga Siti yang sudah memesan barang-barang itu. Seperti Bu Farida yang pesan gelas 5 lusin atau 60 buah gelas untuk arisan. Ada Pak Dodi yang pesan kertas 1 rim atau 500 lembar untuk anaknya
yang sedang membuat tugas kuliah. Ada juga Bu Hanggoro yang memesan serbet makan 2 kodi atau 40 potong yang akan digunakan untuk hadiah lomba memasak.
Ingatkah kamu berapa banyak 1 lusin? Berapa banyak 1 rim? Berapa banyak 1
gros? Untuk mengingatnya, kerjakan latihan berikut.


LAMPIRAN 2
Teks Kedua:  Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial
1.    Manusia Sebagai Makhluk individu
Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, serta unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masingmasing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana seorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.
Karakteristik yang khas dari seseorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan (genotip) dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus. Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika
mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.
2.    Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di
tengah-tengah manusia.
Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.
Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial,
karrena beberapa alasan berikut.
a. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
b. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
c. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
d. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah
manusia.

LAMPIRAN 3
Ayo berlatih :
1. Isilah dengan bilangan yang benar.
1.    2 lusin + 2 buah = . . . buah.
2.    1/3 gros + 36 buah = . . . lusin.
3.    3 kodi – 15 potong = . . . potong.
4.    2 rim – 24 lembar = . . . lembar.
5.    1 gros – 5 lusin + 8 buah = . . . buah.
2. Hubungkan kelompok yang isinya sama banyak.












Rounded Rectangle: 3 lusin+7 buah



Rounded Rectangle: 4 kodi+2 buah




Text Box: 82 buah



Rounded Rectangle: ½ rim+15buah




Text Box: 42 buah


Rounded Rectangle: 1/2gross+19 buah


Rounded Rectangle: 2gross+3lusin



Text Box: 265 buah

 




 


LAMPIRAN 4

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil pengamatan
ditulis lengkap,
siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi yang
disajikan
Hasil pengamatan
gambar
ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan
benar
Hasil pengamatan
gambar
ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar sebagian
besar
dijawab dengan
benar
Hasil pengamatan
gambar ditulis
cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab dengan
benar
Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati gambar
dan melihat setiap
komponennya
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar dan
mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi
Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar
Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
mudah
dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
Baku
Penjelasan
kurang
dipahami
dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku
Penjelasan
sulit
dipahami dan
pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku


LAMPIRAN 5

Rubrik Menyelesaikan Soal Matematika
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang konsep operasi hitung antarsatuan kuantitas
• Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan
masalah
• Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk
memecahkan masalah
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:

Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang
konsep
operasi
hitung antar
satuan
kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang
konsep
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang
konsep
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang konsep
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan
Seluruh
pertanyaan
dijawab
dengan benar
Sebagian besar
pertanyaan
dijawab
dengan benar
Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab
dengan benar
Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian
Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan
menuliskan
seluruh informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
Siswa secara
cermat
dan teliti
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal
Siswa menggunakan
dan
menuliskan
sebagian informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sedikit
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal







LAMPIRAN 6

Rubrik Mencari Tahu
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
• Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
• Sikap kemandirian siswa
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:

Siswa
memahami
konsep
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
sosial
Siswa
hanya
memahami
salah satu
konsep
manusia
sebagai
makhluk
individu
atau
manusia
sebagai
makhluk
sosial
Siswa hanya
memahami
salah satu
konsep manusia
sebagai
makhluk individu
atau
manusia sebagai
makhluk
sosial
Membutuhkan
sedikit
bimbingan
dari
guru dalam
pengerjaannya
Siswa tidak
memahami
semua konsep
tentang manusia
sebagai makhluk
individu dan
manusia sebagai
makhluk sosial,
Membutuhkan
banyak
bimbingan dalam
pengerjaannya
Ketrampilan
siswa dalam
menggali
informasi
Siswa
menggali
informasi
dari 4
sumber
berbeda
Siswa
menggali
informasi
dari 3
sumber
berbeda
Siswa
menggali
informasi
dari 2 sumber
berbeda
Siswa menggali
informasi hanya
dari 1 sumber
Kemandirian
dan manajemen
waktu (attitude)
Sangat
mandiri
membaca
teks bahkan
selesai
sebelum
waktunya
Mandiri
mengerjakan
tugas
dan selesai
tepat
waktu
Sesekali perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat
waktu





LAMPIRAN 7

Rubrik Menulis Gagasan Pokok
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan
sosial
• Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Sikap kemandirian siswa
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan:

Siswa
memahami
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
sosial
Siswa hanya
memahami
salah satu
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu atau
manusia
sebagai
makhluk
sosial
Siswa hanya
memahami
salah satu
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu atau
manusia
sebagai
makhluk sosial,
Membutuhkan
sedikit
bimbingan dari
guru dalam
pengerjaannya
Siswa tidak
memahami
semua konsep
tentang
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
manusia
sebagai
makhluk sosial,
Membutuhkan
banyak
bimbingan
dalam
pengerjaannya
Keterampilan
Gagasan pokok
disampaikan
dengan
menggunakan
tata
bahasa Indonesia
yang
baik dan
baku
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan
baku
Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan baku
Terdapat >4
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan baku







LAMPIRAN 8



Ayo menulis!
Bacalah bacaan di atas. Kemudian, tuliskan kembali mengenai manusia sebagai
makhluk indivudu dan makhluk sosial berdasarkan bacaan di atas. Gunakan katakata
baku dan tata bahasa yang benar. Tuliskan pada kolom berikut!
 







Ayo Renungkan!
Sikap apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari?

 







Ayo Kerjasama Dengan Orang tua!
Bagaimana hubunganmu dengan anggota keluargamu? Apakah kamu dengan
anggota keluargamu saling membutuhkan? Bagaimana bentuk saling membutuhkan
antaranggota keluargamu? Tuliskan pada kolom berikut!



di foto kopi lima untuk melaksanakan tugas!!!!!!!!!!!!!!!!


Refleksi
1.      Apa yang dimaksud makhluk sosial dan individu?
2.      Sebutakan 2 ciri makhluk social?
3.      3 lusin+7 buah =…
4.      4 kodi+2 buah =…
Karakteristik yang khas dari seseorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan (genotip) dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus. Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.
5.      Apa gagasan utama pada paragraph tersebut?

Pedoman penskoran soal
No 1 bernilai 1
No 2 bernilai 2
No 3 bernilai 1
No 4 bernilai 1
No 5 bernilai 2
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar