Home
Creative
Buku Petunjuk
bagi Orangtua
Anak usia dini membutuhkan
pendidikan pembentuk sosial emosional. Pendidikan utamanya terbangun dari
pendidikan pertama dan utama di lingkungan keluarga. Sosial emosional anak usia
dini dibentuk lebih awal sebelum menerima ilmu pengetahuan dan keterampilan.
Orang tua dalam melaksanakan
home creative memerlukan petunjuk pelaksanaan. Buku ini tidak membatasi ruang
kreatifitas orangtua, membantu mempermudah orangtua mencapai pembelajaran home
creative. Bahan ajar ini membahas tentang materi
pendidikan dan pelatihan home creative bagi orang tua. Anak diusia 0-2 tahun
sebagai masa emas (golden age period), karena perkembangan otak anak
mencapai 80%. Didalam rumah sebagai orangtua berperan menjadi pendidik utama
dan pertama, masih memerlukan alur pembelajaran yang tepat bagi anaknya.
Komponen untuk mendidik anak dirumah diantaranya waktu, tempat, dan
ketersediaan media. Mengenai media pembelajaranan yang sesuai dengan anak usia
dini sudah mencukupi diantaranya area rumah.
Area rumah yang terbagi didalam beberapa ruangan, yaitu ruang tamu,
ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Peralatan
serta benda-benda yang ada didalam area rumah bisa menjadi media belajar yang
menarik bagi anak. Media yang dibutuhkan orangtua untuk memberikan pembelajaran
sebenarnya berada di area rumah tanpa harus ditambahkan asesoris, maupun dibuat
rumit. Penyampaian materi yang diperlukan yaitu dengan kreatifitas orangtua.
Indikator keberhasilan orangtua mengajarkan anaknya perlu didukung
dengan pendekatan bagi anak usia dini yang tepat, diantaranya menumbuh
kembangkan harapan, memberikan teladan yang baik, senantiasa memberikan nasihat
kebaikan, mencari dan membentuk lingkungan kondusif, melakukan pembiasaan dan
pengulangan, dan memberikan hadiah berupa pujian.
Menggunakan home creative orangtua mendidik anak usia dini dengan
menggunakan metode bercerita, bermain peran, penugasan, dan metode eksperimen.
Dengan metode yang tepat maka orangtua akan mudah memberikan penjelasan sesuai
dengan indikator aspek perkembangan yang diharapkan. Sehingga anak mampu
menerima pesan-pesan yang disampaikan dengan cara menarik.
Orangtua didalam rumah mampu memperhatikan perkembangan anaknya, dengan
melihat 6 aspek perkembangan anak usia dini. Bantuan yang diberikan lembaga
PAUD dengan manajemen parenting berguna bagi orangtua menganalisis hasil
pembelajaran menggunakan evaluasi sederhana. Sehingga antara orangtua dengan
lembaga PAUD mampu bersinergi memperkuat perkembangan anak yang didapat di
rumah dengan di lingkungan PAUD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar